Jumat 15 Jan 2021 18:20 WIB

Kemenkes: 87 Kabupaten/Kota Sudah Laksanakan Vaksinasi Covid

Sulawesi Barat yang mengalami gempa bumi belum melaksanakan vaksinasi.

Rep: Mimi Kartika / Red: Ratna Puspita
Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi
Foto: Dok Kemenkes
Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan, sebanyak 87 kabupaten/kota telah melaksanakan vaksinasi Covid-19. Daerah itu tersebar di 33 provinsi, kecuali Sulawesi Barat yang mengalami gempa bumi pada Jumat (15/1) dini hari sehingga belum melaksanakan vaksinasi. 

"87 kabupaten/kota di 33 provinsi karena Sulawesi Barat gempa ya," ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi saat dikonfirmasi Republika, Jumat (15/1) sore. 

Baca Juga

Ia mengatakan, sebanyak 15.031 warga telah divaksin Covid-19. Jumlah ini termasuk Presiden Joko Widodo yang menerima suntikan vaksin Covid-19 perdana pada Rabu (13/1) dan menandai dimulainya program vaksinasi Covid-19 di Indonesia.  

Untuk memutus rantai penularan Covid-19, pemerintah menargetkan vaksinasi kepada 181,5 juta penduduk Indonesia. Saat ini, telah disiapkan 31 ribu vaksinator untuk membantu pelaksanaan vaksinasi di seluruh Tanah Air. 

Setelah dilakukan vaksinasi kepada 1,4 juta tenaga kesehatan dan tenaga penunjang kesehatan, vaksinasi akan dilanjutkan untuk 17,4 juta petugas pelayanan publik esensial. Program vaksinasi tahap pertama mulai dilaksanakan di daerah pada Kamis (14/1) dengan menggandeng selebritas, tokoh agama, dan tokoh masyarakat, selain pejabat di daerah itu sendiri. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement