Sabtu 16 Jan 2021 05:15 WIB
...

Rivalitas yang Mengakar

Dalam tempo sepekan, Liverpool dan MU harus baku-hantam di ajang yang berbeda.

Liverpool vs Manchester United
Foto:

Oleh : Endro Yuwanto *)

Kemenangan 1-0 atas Burnley di laga tunda Liga Primer, Selasa, 12 Januari 2021, membawa MU menggeser Liverpool di puncak klasemen sementara. Sama-sama telah tampil di 17 laga, MU unggul tiga poin atas Liverpool, yang bertengger di peringkat kedua dengan raihan 33 poin.

Untuk pertama kalinya atau sejak terakhir kali ditukangi Sir Alex pada 2013, MU berhasil memuncaki klasemen sementara saat Liga Primer memasuki tahun baru. Namun, tidak perlu waktu lama buat MU untuk menghadapi ujian terbesarnya sebagai pemuncak klasemen.

MU sudah dijadwalkan melawat ke juara bertahan Liga Primer, Liverpool, di Stadion Anfield pada pekan ke-19, Ahad, 17 Januari 2021. Rekor penampilan MU di Anfield tidak terlalu memuaskan. Iblis Merah menelan tiga kekalahan dari lima lawatan terakhir ke markas the Reds di semua ajang.

Solskjaer sadar, Liverpool kini telah menjadi salah satu tim terbaik di pentas Liga Primer, setidaknya dalam tiga setengah musim terakhir. Puncaknya, saat the Reds mengakhiri puasa gelar di kompetisi tertinggi sepak bola Inggris selama 30 tahun dengan raihan titel Liga Primer musim lalu.

Namun, Solskjaer menegaskan, MU sudah siap untuk menjajal kemampuan Liverpool dan menjauh dari kejaran tim asal Merseyside itu di papan klasemen sementara, lewat torehan tiga poin. Apalagi sejauh ini Liverpool masih dipusingkan dengan krisis sejumlah pemain inti yang cedera. Satu-satunya yang diwaspadai Solskjaer adalah kecenderungan penurunan performa anak-anak asuhnya saat berada dalam posisi yang menguntungkan.

Kondisi ini begitu terlihat dalam kiprah MU di pentas Liga Champions musim ini. Hanya membutuhkan satu poin di dua laga pamungkas penyisihan Grup H untuk bisa lolos ke babak 16 besar, MU malah menelan dua kekalahan di laga tersebut.

Apapun kondisi kedua klub saat ini, rivalitas Liverpool dan MU telah memasuki episode baru. Dalam sepekan ini, reputasi dan gengsi kedua klub pelabuhan itu kembali dipertaruhkan.

*) Jurnalis Republika

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement