Kamis 14 Jan 2021 21:58 WIB

Makam Sederhana Syekh Ali Jaber

Syekh Ali Jabar dimakamkan di Pondok Pesantren Darul Quran.

Cupink Topan dan sejumlah pelayat berdoa di makam Syekh Ali Jaber di Ponpes Darul Quran di Cipondoh, Kota Tangerang, Kamis (14/1).
Foto:

Syekh Ali Jaber dimakamkan di sebelah selatan dari Masjid Nabawi, Ponpes Darul Alquran di Kampung Dongkal, Kecamata Cipondoh, Kota Tangerang. Ia dimakamkan berdekatan dengan makam orang tua ustaz Yusuf Mansur. Prosesi pemakaman Syekh Ali Jaber terbilang sederhana.

Hanya puluhan orang yang hadir di pemakaman. Mereka adalah anggota keluarga, kerabat, pengurus atau sejumlah santri Darul Quran, aparat keamanan TNI/Polri, dan beberapa wartawan.

Proses pemakaman memang sengaja dibatasi untuk mencegah penyebaran Covid-19. Kendati demikian, hal itu tak menghilangkan kekhusu'an proses pemakaman.  

Lantunan tahlil dan doa mengalir, menggema, mengiringi kepergian Syekh Ali Jaber. Sekitar pukul 17.00 petang, makam Syekh Ali ditutp dengan tanah cokelat yang masih gembur dan basah. Tampak empat sampai lima petugas bergantian mengayunkan pacul, menutup makam.

Seorang perwakilan keluarga memberikan pesan. "Saudara, saya atas nama keluara Syekh Ali Jaber ingin menyampaikan, siapapun jika di antara jamaah yang memiliki sangkut paut utang piutang dengan beliau maka alihkan kepada saya. Jika memilih untuk memaafkan beliau, kami ucapkan terima kasih, biar beliau tenang," demikian garis besar pesan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement