Kamis 14 Jan 2021 18:51 WIB

Dinkes Siapkan 21 RS Rujukan Tangani Pascavaksinasi Covid-19

21 rumah sakit rujukan telah disiapkan jika dibutuhkan perawatan akibat KIPI.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Agus Yulianto
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Widyastuti.
Foto:

Widyastuti pun memastikan, sumber daya manusia (SDM) di setiap fasilitas kesehatan telah berpengalaman dalam mengantisipasi kejadian pascavaksinasi. Selain itu, kata dia, sebanyak 1.498 vaksinator yang bertugas menyuntikan vaksin juga telah menjalani pelatihan dengan target 19.741 penerima vaksin per harinya.

"Kita bersama Kemenkes berikan pembekalan kepada lebih 1.400 orang yang siap berikan layanan imunisasi," ujarnya.

Selain itu, sambung dia, sebanyak 488 fasilitas kesehatan (faskes) pun sudah siap untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19. Jumlah tersebut tersebar di enam kota/kabupaten DKI Jakarta.

"Terdapat 488 faskes di DKI Jakarta yang telah didaftarkan P-Care BPJS sebagai pelaksana imunisasi Covid-19, sesuai persyaratan yang telah ditetapkan," ungkap dia.

Dia menuturkan, pelaksanaan vaksinasi dilakukan tergantung sesuai dengan kesiapan masing-masing faskes. Bahkan, kata dia, hari ini sudah ada faskes yang mulai melakukan vaksinasi terhadap para nakes yang telah melakukan registrasi ulang.

"Contoh hari ini, tadi sebagian puskesmas sudah mulai (lakukan vaksinasi), RSCM sudah mulai, RSUD Cengkareng sudah mulai, silakan. Kita berikan kebebasan sesuai aturan yang berlaku," ujarnya.

"Kami mengikuti aturan yang ada, nakes yang mendapatkan kesempatan untuk di vaksin mendapatkan sms plus pemberitahuan. Kemudian teman-teman nakes akan melakukan registrasi ulang  melalui aplikasi peduli," sambung Widyastuti menjelaskan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement