Kamis 14 Jan 2021 17:15 WIB

Pertamina Cilacap Uji Coba Produksi Green Diesel dan Avtur

Produk avtur dan green diesel dari Pertamina CIlacap belum akan dijual.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
ertamina RU IV akan memproduksi BBM jenid green diesel dan dan green avtur.
Foto:

Hatim menyatakan, dalam produksi green diesel dan green avtur, Pertamina RU IV telah memiliki sarana dan fasilitas yang memadai. Termasuk sarana dan fasilitas penerimaan minyak sawit melalui dermaga Jetty 67 (dermaga) di komplek kilang, sebelum didistribusikan ke tangki RBDPO. ''Pada tahap awal, Pertamina RU IV rencananya akan memproduksi BBM D-100 sebanyak 3.000 barrel per hari,'' katanya.

Sedangkan untuk produk green avtur, menurutnya, baru sebatas untuk  memastikan kualitasnya. ''Produk ini nantinya belum akan dijual ke pasar. Ujicoba ini kami lakukan untuk memastikan kami juga mampu memproduksi bahan bakar pesawat terbang dari bahan baku minyak sawit,'' katanya.

Menurutnya, upaya menuju proses produksi green diesel dan green avtur ini, merupakan bentuk komitmen RU IV memproduksi bahan bakar minyak ramah lingkungan. ''Pengembangan produk BBM D-100 ini, diharapkan bisa memberikan efek positif yang lebih luas dalam menciptakan ketahanan energi nasional. Dengan proses produksi ini, negara bisa menekan impor minyak mentah yang bersumber dari energi fosil,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement