Kamis 14 Jan 2021 06:56 WIB

Apa Risiko Kalau Masyarakat Menolak Divaksin?

Indonesia telah memulai program vaksinasi massal Covid-19 pada Rabu (13/1).

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjalani suntik vaksin Covid-19 buatan Sinovac sebagai tanda dimulainya program vaksinasi massal, Rabu (13/1).
Foto:

Sally mengatakan, vaksinasi menjadi salah satu cara untuk menghentikan pandemi Covid-19 yang bisa dilakukan oleh masyarakat. Jika tidak, Sally ragu pandemi akan selesai dan malah mengorbankan banyak waktu dan nyawa lagi.

Hanya saja, menurut Sally, dalam pengaturan vaksinasi, pemerintah, dokter, akademisi, dan lain-lain harus benar-benar dikawal. Penyuntikan vaksin di negara-negara lain pun patut diikuti.

“Kalau kita mau mencapai herd immunity maka tindakan pemberian vaksin pun harus masif yang disertai edukasi yang benar yang juga masif kepada masyarakat,” kata Sally.

Menurut Sally, para dokter di Papdi pun terus meminta transparansi hal-hal mengenai vaksin sebagai referensi untuk menyampaikan rekomendasi lain-lain yang berkaitan dengan vaksin. Indonesia telah memulai vaksinasi dengan vaksin yang dikembangkan Sinovac pada Rabu (13/1) dan akan mendatangkan beberapa vaksin Covid-19, yaitu Novavax, Covax, Astrazeneca, dan Pfizer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement