Selasa 12 Jan 2021 18:49 WIB

Jelang Vaksinasi, Menkominfo Cek Kesiapan Sistem Puskesmas

Pemerintah akan menggunakan sistem Satu Data Vaksinasi Covid-19

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate meninjau kesiapan Puskesmas Jurang Mangu, Pondok Aren, Tangerang Selatan dalam melaksanakan program vaksinasi Covid-19, Selasa (12/1/2021).
Foto:

Aplikasi Primary Care dari BPJS Kesehatan digunakan untuk mencatat hasil vaksinasi. Terakhir, aplikasi SMILE dari Kementerian Kesehatan dan UNDP berfungsi untuk memantau distribusi vaksin Covid-19.

"Sistem keamanan dan kebijakan privasi ketiga aplikasi ini aman, masyarakat tidak perlu khawatir, terutama registrasi ulang di PeduliLindungi," kata Johnny.

Johnny menyampaikan sistem digital ini juga akan didukung tim lapangan dari Babinsa TNI dan Bhabinkamtibmas Polri, mereka akan membantu masyarakat untuk pendaftaran secara luar jaringan apabila kesulitan registrasi online.

Kominfo juga akan meresmikan kesepakatan bersama dengan Kementerian Kesehatan untuk perlindungan data pribadi dan basis data vaksinasi Covid-19. Menurut jadwal, kesepakatan tersebut akan ditandatangani hari ini.

Kominfo, melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) sudah menyediakan akses internet di 3.126 titik fasilitas layanan kesehatan pada tahun 2020 lalu.

Saat ini ada 13.011 fasilitas layanan kesehatan di seluruh Indonesia yang terhubung ke jaringan internet.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement