Ahad 10 Jan 2021 02:13 WIB

Jumlah Penduduk Miskin Jember 2020 Naik

Pada 2020 naik menjadi 10,09 persen.

Jumlah Penduduk Miskin Jember 2020 Naik. Warga miskin. (ilustrasi)
Foto:

Emil mengatakan Indeks Keparahan Kemiskinan merupakan ukuran tingkat ketimpangan pengeluaran diantara penduduk miskin, sehingga semakin tinggi nilai indeks maka semakin tinggi ketimpangan pengeluaran diantara penduduk miskin.

"Kenaikan kedua indeks, yakni P1 dan P2 memberikan indikasi rata-rata pengeluaran penduduk miskin cenderung menjauhi garis kemiskinan dan ketimpangan pengeluaran antar-penduduk miskin juga semakin melebar," katanya.

Menurutnya persoalan kemiskinan bukan hanya sekedar berapa jumlah dan persentase penduduk miskin, namun yang perlu diperhatikan menyangkut seberapa besar jarak rata-rata pengeluaran penduduk miskin terhadap garis kemiskinan (tingkat kedalaman) dan keragaman pengeluaran antarpenduduk miskin.

"Dalam mengukur kemiskinan, BPS menggunakan konsep kemampuan memenuhi kebutuhan dasar (basic needs approach)," ujarnya.

 

Dengan pendekatan itu, maka kemiskinan dipandang sebagai ketidakmampuan dari sisi ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dasar makanan dan bukan makanan yang diukur dari sisi pengeluaran. Penduduk miskin adalah penduduk yang memiliki rata-rata pengeluaran perkapita perbulan di bawah garis kemiskinan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement