Sabtu 09 Jan 2021 05:58 WIB

Penyintas Covid-19 di Jember Donorkan Plasma Darah

Terapi plasma konvalesen dinilai ampuh menyembuhkan pasien positif Covid-19.

Penyintas Covid-19 di Jember Donorkan Plasma Darah. Pasien sembuh COVID-19 melakukan proses pengambilan plasma darah atau plasma konvalesen di Kantor PMI.
Foto:

"Saat ini banyak permintaan plasma konvalesen dari keluarga pasien terkonfirmasi Covid-19, baik lewat rumah sakit maupun secara pribadi, sehingga kebutuhan akan plasma konvalesen diprediksi sangat besar," ujarnya.

Zaenal mengatakan berkoordinasi dengan RSD dr Soebandi untuk bisa memenuhi plasma konvalesen di daerah jejaring PMI Jember yang meliputi beberapa kabupaten di wilayah Tapal Kuda.

Salah seorang penyintas Covid-19 Firman mengaku senang mendonorkan plasma darahnya karena dapat membantu pasien yang terkonfirmasi positif. Terapi plasma konvalesen bisa mempercepat penyembuhan pasien yang menjalani perawatan di ruang isolasi.

"Alhamdulillah saya bisa mendonorkan plasma darah dan itu adalah salah satu ibadah sesuai sabda Rasulullah SAW bahwa sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni)," katanya.

 

Ia juga mengajak penyintas lainnya agar bisa mendonorkan plasma darahnya dengan datang ke Unit Donor Plasma Konvalesen di RSD dr Soebandi Jember karena setetes plasma anda bisa menyelamatkan jiwa seseorang. Firman yang juga perawat di IGD RSD dr Soebandi Jember itu selalu menerima pasien-pasien rujukan suspek, probable, dan terkonfirmasi positif Covid-19. Ia berharap para penyintas bisa membantu penyembuhan pasien yang terpapar virus corona dengan mendonorkan plasma darahnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement