Rabu 06 Jan 2021 20:22 WIB

DPRD Usulkan Sultan Jadi yang Pertama Divaksin Covid di DIY

DPRD usulkan Sultan HB X jadi orang pertama divaksin covid di DIY

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Bayu Hermawan
Vaksin COVID-19 Sinovac (ilustrasi)
Foto:

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY, Pembayun Setyaningastutie mengatakan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di DIY akan dilakukan di 206 fasilitas pelayanan kesehatan (faskes). 206 faskes ini terdiri dari 121 puskesmas dan 85 rumah sakit yang ada di DIY. 

Rencananya, vaksinasi Covid-19 di DIY akan mulai dilakukan pada 14 Januari 2021 mendatang. Tahap pertama pelaksanaan vaksinasi ini diprioritaskan bagi tenaga kesehatan.

"Pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan oleh vaksinator di sejumlah faskes di DIY," kata Pembayun di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (5/1).

Vaksinator yang sudah dilatih untuk melaksanakan vaksinasi ini sejumlah 301 vaksinator di tahap pertama. Pembayun menyebut, jumlah vaksinator akan terus ditambah mengingat masih akan ada pelaksanaan vaksinasi di tahap selanjutnya.

"Jumlah ini akan terus naik karena kami juga terus melakukan pelatihan bagi tenaga kesehatan yang lainnya. Target di DIY jumlah vaksinator bisa mencapai 1.200 orang, untuk melayani 2,6 juta penduduk DIY," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan sebelumnya, 301 vaksinator tersebut sudah dilatih sejak 30 November hingga 3 Desember 2020 lalu. Ratusan vaksinator ini terdiri dari 50 vaksinator di Kabupaten Kulon Progo, 60 vaksinator di Kabupaten Bantul, 64 vaksinator di Kabupaten Gunungkidul, 58 vaksinator di Kabupaten Sleman, 46 vaksinator di Kota Yogyakarta dan 23 vaksinator lainnya merupakan tenaga pelaksana di Dinas Kesehatan DIY.

Namun, kata Sultan, DIY sendiri membutuhkan setidaknya 1.313 vaksinator untuk melakukan vaksinasi Covid-19. Untuk mencukupi kebutuhan vaksinator ini, pihaknya akan terus melakukan pelatihan kepada tenaga kesehatan untuk menjadi vaksinator.

"1.313 vaksinator tersebut terdiri dari 363 vaksinator di 121 puskesmas dan 950 vaksinator di 63 rumah sakit yang ada di seluruh kabupaten dan kota se-DIY," kata Sultan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement