Rabu 06 Jan 2021 14:51 WIB

Usai Risma Blusukan, Satpol PP Jaring 29 Gelandangan

Satpol PP menjaring 29 gelandangan yang tersebar di sejumlah titik

Rep: Febryan A/ Red: Esthi Maharani
Petugas Satpol PP berjaga di kawasan Sudirman Thamrin
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas Satpol PP berjaga di kawasan Sudirman Thamrin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satpol PP Jakarta Pusat (Jakpus) menjaring 29 gelandangan yang tersebar di sejumlah titik dalam operasi yang digelar pada Selasa (5/1) malam. Sehari sebelum operasi ini dilaksanakan, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mendapati sejumlah gelandangan saat blusukan di Jalan Sudirman-Thamrin.

"Hasil kegiatan, ada 29 orang Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Terdiri dari 24 laki-laki dan 5 perempuan," kata Kepala Seksi PPNS dan Penindakan Satpol PP Jakarta Pusat, Gatra Pratama Putra ketika dikonfirmasi Republika, Rabu (6/1).

Mereka yang terjaring ini, lanjut Gatra, dibawa ke GOR Benhil. Selanjutnya mereka akan didata oleh Suku Dinas Sosial Jakpus untuk penganan lebih lanjut.

Gatra mengatakan, operasi malam itu digelar di sejumlah jalan utama dan taman di Jakpus. Mulai dari Jalan HOS Cokroaminoto (Flyover Menteng) Jalan Cianjur, Menteng, Jalan Dr. Kusuma Atmaja, Menteng, hingga Taman Latuharhari, Menteng.

Lalu juga di Jalan MH Thamrin, Kolong Flyover Bundaran Semanggi, Jalan Jendral Sudirman, dan Shelter Busway Benhil. Untuk menyisir semua titik itu, Saptop PP mengerahkan 50 personel.

Ketika dikonfirmasi apakah operasi ini digelar karena Mensos Risma mendapati sejumlah gelandangan di Jakpus, Gatra tak memberikan jawaban pasti. "Kami hanya menjalankan salah satu fungsi kami sebagai Satpol PP yaitu menciptakan ketenteraman dan ketertiban umum," ujar Gatra.

Sebelumnya, Senin (4/1), Mensos Risma blusukan ke jalan protokol Sudirman-Thamrin, Jakpus. Di sana ia mendapati sejumlah gelandangan. Pada hari pertama menjabat sebagai Mensos, Senin (28/12/2020), Risma juga blusukan ke kolong jembatan di Jalan Proklamasi, Pegangsaan, Menteng, tepat di belakang kantor Kementerian Sosial. Risma mendapati sejumlah gelandangan tinggal di sana.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement