Selasa 05 Jan 2021 16:57 WIB

Enam Fokus Kemenkominfo Sepanjang 2021

Kemenkominfo tetapkan enam fokus untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate.
Foto:

Fokus keempat berupa tersedianya bandwidth yang memadai dan berkualitas. Untuk itu kementerian membangun pusat pengawasan untuk menjalankan tata kelola bandwidth di seluruh Indonesia.

"Sehingga bisa melihat, mengatur dan melakukan tata kelola bandwidth. Sehingga tidak terjadi di wilayah tertentu kelebihan bandwidth, wilayah yang lain malah kekuarang bandwidth, ini harus diatur dengan baik," kata Johnny.

Fokus kelima adalah digitalisasi penyiaran, analog switch off atau migrasi siaran televisi dari analog ke digital ditargetkan selesai pada 2 November 2022.

"Ini pekerjaan besar yang tidak sederhana yang harus menjadi fokus kita di tahun 2021, karena keputusannya nanti begitu PP (Peraturan Pemerintah) nanti ditandatangani, Permen-nya (Peraturan Menteri) disiapkan semuanya untuk hal-hal yang secara teknis," kata Johnny.

Fokus terakhir adalah mengenai pembangunan ekonomi digital, yang menurut kementerian berpotensi sangat tinggi.

Kominfo akan terus membatu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah, juga ultra mikro untuk beralih ke digital. Mengutip data BPS, sebanyak 60 persen PDB nasional berasal dari UMKM.

Dalam siaran pers yang sama, Kominfo menyatakan kini ada empat skema pembiayaan dalam membangun infrastruktur yaitu pembiayaan oleh operator seluler; pembiayaan oleh universal service obligation (USO) di Badan Aksesibilias Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI); rupiah murni dari APBN; dan alokasi PNBP Kominfo.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement