Selasa 05 Jan 2021 12:35 WIB

KAI Kembali Operasikan KA Lokal Walahar

Pemesanan tiket Walahar dapat dilakukan H-7.

Rep: M Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Calon penumpang menunjukan tiket KA lokal Walahar Ekspres di Stasiun Kramat, Jakarta, Senin (28/10).
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Calon penumpang menunjukan tiket KA lokal Walahar Ekspres di Stasiun Kramat, Jakarta, Senin (28/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta kembali mengoperasikan Kereta Api (KA) Lokal Walahar mulai 1 Januari 2021. Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan KA Lokal Walahar sempat berhenti beroperasi sejak 24 April 2020 karena pandemi Covid-19. 

"Saat ini KA Lokal Walahar hanya melayani relasi Stasiun Cikarang-Purwakarta, pulang pergi (PP) dengan tarif Rp 4.000. Sebelumnya, pada masa normal KA Lokal Walahar memiliki relasi Tanjung Priok-Purwakarta PP," ujar Eva dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (5/1).

Eva menyampaikan KA Lokal Walahar berangkat awal dari Stasiun Cikarang melewati dan melayani naik-turun penumpang, yakni Stasiun Lemahabang, Kedunggedeh, Karawang, Klari, Kosambi, Dawuan, Cikampek, Cibungur, dan berakhir di Stasiun Purwakarta. Eva mengatakan pengoperasian KA Lokal ini tetap diikuti dengan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 yang diterapkan salah satunya dengan memberlakukan okupansi hanya 70 persen dari okupansi yang diizinkan pada saat normalnya sebanyak 150 persen untuk volume penumpang. 

Masyarakat yang ingin menggunakan layanan KA Lokal Walahar dapat melakukan pemesanan tiket melalui Aplikasi KAI Access H-7 sebelum keberangkatan. "Layanan loket di stasiun hanya melayani pembelian tiket KA go show 3 jam sebelum jadwal KA berangkat," ucap Eva.

Eva menyampaikan ketentuan wajib untuk masyarakat yang akan naik KA Lokal antara lain calon penumpang dalam kondisi sehat, tidak menderita flu, pilek, batuk dan demam; calon penumpang wajib menggunakan masker; dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius.

"Masyarakat juga diimbau untuk menggunakan baju lengan panjang saat melakukan perjalanan menggunakan transportasi KA," kata Eva menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement