Rabu 30 Dec 2020 16:15 WIB

Pengelolaan Samudra Raksa Diserahkan ke Pemkab Kulon Progo

Pengelolaan Samudra Raksa berstatus pinjam pakai.

Pembangunan Gerbang Klangon di Kalibawang, Kulonprogo, Yogyakarta, Senin (16/11). Gerbang Klangon dengan biaya Rp 21,3 miliar di tengah Jalan Nanggulan-Mendut ini untuk mendukung koridor wisata Candi Borobudur. Candi Borobudur termasuk dalam bagian Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) atau program 10 Bali baru.
Foto:

Sementara itu Bupati Kulon Progo Sutedjo menyampaikan terima kasih kepada BPPW DIY yang telah memberi kepercayaan kepada pihaknya untuk mengelola Gerbang Samudra Raksa. Dia memastikan akan menjaga kepercayaan tersebut dengan mengelola gerbang samudera raksa secara maksimal.

"Kami akan mengelola gerbang itu secara maksimal sampai nanti asetnya diserahkan," harapnya.

Gerbang Samudra Raksa dibangun dengan menggunakan dana dari APBN, melalui Balai PPW DIY, dengan nilai Rp22 miliar yang dibangun di atas lahan seluas 7.000 meter persegi dari luas satu hektare yang disediakan.

Sementara itu pembangunannya meliputi beberapa jenis di antaranya di bagian perbatasan dibangun dua gerbang yaitu gerbang Kapal Samudra Raksa di sisi timur dan Gerbang Ombak di sisi barat.

Selain itu, area ini dilengkapi sejumlah fasilitas seperti area parkir, toilet, food court dan musholla. Di bagian yang lebih atas ada tiga taman bertingkat dan di ujung paling atas ada view deck untuk menikmati pemandangan di Gerbang Samudra Raksa.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement