Senin 28 Dec 2020 20:10 WIB

Kasus Covid Kabupaten Magelang Didominasi Klaster Keluarga

Klaster keluarga bisa dari pelaku perjalanan atau perkantoran.

virus corona (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
virus corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Kasus Covid-19 di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, hingga saat ini didominasi oleh klaster keluarga. Mereka menjalani isolasi mandiri sebagai orang tanpa gejala (OTG).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang Retno Indriastuti di Magelang, Senin, mengatakan, dari sisi jumlah memang kasus konfirmasi di Kabupaten Magelang tinggi karena Satgas Covid-19 aktif melakukan tes usap masif dan juga pelacakan kontak erat. "Kemudian dari tingkat kesembuhan kita juga sangat tinggi di atas rata-rata Jateng, kemudian angka kematian kita juga rendah," katanya.

Baca Juga

Ia menyampaikan problemnya untuk Kabupaten Magelang memang pada klaster keluarga. Sebagian besar mereka menjalani isolasi mandiri. "Harapannya kualitas isolasi mandiri mari kita tingkatkan, baik bagi individu yang terkonfirmasi anggota keluarganya maupun lingkungan terdekatnya, yaitu peran aktif dari jogo tonggo," katanya.

Ia menuturkan klaster keluarga bisa dari pelaku perjalanan atau perkantoran, karena kontak erat bisa saja terjadi di mana pun. Data terakhir kasus Covid-19 di Kabupaten Temanggung secara kumulatif 5.582 orang, yakni 1.570 orang dalam penyembuhan, 3.881 orang dinyatakan sembuh, dan 132 orang meninggal.

Terkait dengan persediaan tempat tidur bagi pasien Covid-19, Retno menyampaikan ada penambahan tempat tidur di RS Merah Putih, yakni dari 35 tempat tidur menjadi 67 tempat tidur. "Pemkab Magelang juga tengah menyiapkan beberapa lokasi untuk karantina bagi mereka yang tidak bisa isolasi mandiri di rumah, antara lain di Puskesmas Pembantu Gulon," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement