Senin 28 Dec 2020 13:14 WIB

Kreatif Selama Pandemi, Menyulap Tempe Menjadi Sosis

Mereka membuat sosis tempe karena sumber protein tertinggi berasal dari kedelai

Rep: Wahyu Suryana/ Red: A.Syalaby Ichsan
Sosis Tempe
Foto: Dok UNY
Sosis Tempe

REPUBLIKA.CO.ID, Selama ini masyarakat sering mengolah tempe hanya dengan cara biasa seperti digoreng, direbus atau ditumis. Olahan tempe jadi produk bergengsi masih kurang, sehingga masih dianggap sebelah mata masyarakat.

Padahal, cukup banyak olahan tempe yang sebenarnya bisa dikembangkan. Salah satunya sosis yang merupakan makanan olahan dari sapi atau ayam yang cukup populer dan digemari banyak kalangan, terutama anak-anak.

Untuk itu, mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengolah tempe jadi sosis ditambah jamur tiram. Ada Lutfiah Nur Hidayah (Biologi), Yuliari Suprihatin (Kimia) dan Ahmad Hidayatullah (Biologi).

Lutfiah mengatakan, mereka membuat sosis tempe karena sumber protein tertinggi berasal dari kedelai. Kedelai mengandung protein 34,1-34,3 gram, daging ayam 14,5-23,4 gram, dan daging sapi 13,6-21,8 gram."Dengan ditambahkan jamur tiram ke dalam sosis tersebut dapat diperoleh sosis yang kaya akan serat karena dalam setiap 100 gram jamur tiram terdapat 3,44 persen serat kasar," kata Lutfiah, Senin (28/12).

Yuliari menilai, kadar serat tersebut tergolong tinggi. Serat makanan sangat penting bagi kesehatan tubuh seperti membantu mencegah sembelit, kanker, sakit usus besar, menurunkan kadar kolesterol dan sebagainya.

"Sosis yang kami produksi sama sekali tidak mengandung daging, sehingga disebut sosis analog. Sosis analog adalah makanan yang dibuat dari bahan bukan daging tapi mirip dengan sifat-sifat daging," ujar Yuliari.

Bahan dihaluskan dan diberi bumbu, lalu dimasukkan dalam selongsong. Produk sosis tanpa daging masih sangat jarang ditemukan. Ketidakhadiran daging dalam pembuatan sosis ini menjadikannya cocok bagi vegetarian.

Ahmad menerangkan, untuk membuat sosis tempe ini dimulai tepung tempe dari tempe yang dipotong lalu diblansir atau dimasak sebentar pada suhu 100 derajat celcius 15 menit. Oven 12 menit pada suhu 55 derajat celcius, lalu giling halus.

"Jamur tiram dicuci bersih dan digiling halus. Pembuatan sosisnya tepung tempe, jamur tiram giling dan tepung maizena dicampur rata dan ditambah garam, telur, gula, minyak, lada, bawang putih dan air," kata Ahmad.

Adonan dituang dalam selongsong sosis, diikat setiap 12 cetimeter lalu direbus selama 15 menit. Setelah itu, dinginkan dan potong tiap-tiap ruasnya, dan sosis tempe ditambah jamur tiram itu siap dikonsumsi."Kami menamai produk ini sosis roompee" ujar Ahmad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement