Senin 28 Dec 2020 01:20 WIB

Sri Mulyani: Covid-19 adalah Krisis Multidimensi

Pandemi Covid-19 bukan hanya krisis kesehatan, tapi menjadi krisis multidimensi.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Christiyaningsih
Menteri Keuangan Sri Mulyani
Foto:

Pukulan Covid-19 di Indonesia

Sri Mulyani menyebut seperti kebanyakan negara lainnya, Indonesia telah menanggapi pandemi dengan memperkuat infrastruktur kesehatan publiknya, memperluas perlindungan sosial, dan memberikan dukungan kepada usaha kecil.

“Dengan database rumah tangga terpadu untuk 40 persen penduduk terbawah yang sudah tersedia, kami dapat memperluas kelayakan untuk mendapatkan manfaat dengan cepat, dengan tujuan mencakup 60 persen rumah tangga terbawah,” katanya.

Meski demikian, dia mencatat sektor usaha kecil dan sektor informal relatif terlindungi dengan baik dari krisis ekonomi sebelumnya. Seperti banyak negara lain, Indonesia menekankan kebijakan untuk mendukung usaha kecil, termasuk melalui suku bunga bersubsidi, restrukturisasi utang, dan pinjaman modal kerja yang dikombinasikan dengan jaminan kredit.

Melihat ke tahun 2021, dia menekankan sudah jelas bahwa bentuk dan laju pemulihan global akan bergantung pada beberapa faktor terkait. Namun hal yang paling penting adalah perihal kepemimpinan global.

“Komunitas internasional perlu menyetujui platform bersama untuk mendorong pemulihan yang konsisten dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) PBB 2030,” ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement