Ahad 27 Dec 2020 02:23 WIB

Benny: Singkirkan Perbedaan dan Bersatu Hadapi Pandemi Covid

Rommy Benny ajak masyarakat bersatu menghadapi pandemi Covid-19.

Rohaniawan Benny Susetyo atau Romo Benny.
Foto: Republika/Wahyu Suryana
Rohaniawan Benny Susetyo atau Romo Benny.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rohaniawan Antonius Benny Susetyo berharap Hari Raya Natal menjadi momentum membangkitkan semangat anak bangsa untuk terus bersatu. Romo Benny mengajak semua masyarakat menyingkirkan segala perbedaan dan bersatu menghadapi Pandemi Covid-19.

"Ke depan dalam mengatasi Covid-19 semua perbedaan kita tinggalkan dulu dan kita bersama bersatu bagaimana mengatasi Covid-19 dengan kesadaran bersama untuk satu visi dalam kebersamaan karena kita membutuhkan kebersamaan semua anak bangsa," kata Romo Benny dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/12).

Baca Juga

Benny mengatakan bangsa Indonesia ke depan harus mengembalikan roh Bhinneka Tunggal Ika sehingga anak bangsa bisa berpikir, bertindak, dan berelasi untuk kepentingan bersama. Dengan begitu, semua bisa saling menghargai, menghormati bantu membantu dan hidup bersaudara dalam satu bangsa dan negara.

Selain itu, ia juga mengajak semua kalangan saling menahan diri, tidak mengeluarkan pernyataan-pernyataan ujaran kebencian yang berpotensi memecah belah. Menurutnya, ujaran kebencian muncul salah satunya karena faktor orang bersembunyi dari realitas kebenaran. 

"Paling bahaya mereduksi nilai kebenaran dalam kedangkalan. Ke depan dibutuhkan pendidikan literasi dan pendidikan kristis," ucapnya.

Aksi saling lapor polisi antar anak bangsa semakin sering terjadi. Salah satu pemicunya adalah ujaran kebencian. Di sisi lain, bangsa sedang dilanda krisis kesehatan dan ekonomi akibat Covid-19. Masalah ini akan semakin cepat teratasi jika kita semua bersatu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement