Kamis 24 Dec 2020 05:13 WIB
Tajuk Republika

Menteri Baru, Tolonglah Berkhidmat untuk Rakyat

Rakyat menanti gebrakan enam menteri baru yang ditunjuk Presiden Jokowi.

Para menteri baru yang ditunjuk Presiden Joko Widodo berfoto bersama di Istana Merdeka, Selasa (22/12).
Foto:

Keputusan merombak dan memilih enam figur baru yang akan duduk di Kabinet Indonesia Maju adalah hak prerogatif atau kekuasaan istimewa yang dimiliki seorang Presiden. Semua nama yang dipilih tentu merupakan hasil pertimbangan dan kajian yang matang. Dan boleh jadi juga telah mendapat restu dari para pimpinan partai politik pendukung.

Publik tentu berharap, keenam nama yang terpilih sebagai menteri baru ini dapat menunjukkan gebrakan yang signifikan. Tentu saja dengan menampilkan kinerja yang maksimal untuk memimpin kementerian di tengah krisis pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai, bahkan kian memburuk.

Tantangan yang akan dihadapi para menteri baru ini tentu tidaklah mudah. Mereka harus menjalankan amanah dari Presiden itu dengan sebaik dan semaksimal mungkin. Publik pun perlu memberi kesempatan kepada para menteri baru ini untuk unjuk kinerja. Seperti selalu dikatakan Presiden, pada masa pandemi ini kinerja menteri tak boleh hanya biasa-biasa, tapi harus luar biasa.

Para menteri baru itu pasti telah diberikan target yang berat oleh Presiden. Salah satu yang penting saat ini adalah bagai mana Indonesia bisa segera mendapat pasokan vaksin Covid19 yang mencukupi. Vaksinasi Covid-19 menjadi tugas menkes baru, yang harus segera dilakukan agar pandemi bisa segera diakhiri. Target lainnya tentu saja pemulihan ekonomi yang terpukul pandemi.

Yang tak kalah penting, hadirnya menteri baru yang akan memimpin Kementerian Sosial diharapkan bisa berdampak positif pa da penyaluran bantuan sosial yang diberikan pemerintah untuk rakyat kecil. Bantuan sosial harus benar-benar tepat sasaran. Sehingga, uang negara yang dikucurkan harus benar-benar dinikmati dan membantu masyarakat kecil yang terdampak pandemi Covid-19.

Para menteri Kabinet Indonesia Maju yang baru juga harus belajar dari dua menteri terdahulu yang ditangkap KPK. Berkhidmatlah sepenuh hati untuk melayani rakyat, bukan untuk melayani partai atau kelompok tertentu. Bekerjalah dengan ikhlas demi membangun bangsa.

Tak boleh lagi ada menteri yang berani bermain-main dengan uang rakyat. Publik menanti gebrakan Anda semua. Selamat bekerja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement