Selasa 22 Dec 2020 16:20 WIB

Risma, Sandi, Hingga Gus Yaqut, Ini Rekam Jejak Menteri Baru

Ada enam menteri baru yang diumumkan Presiden Jokowi pada hari ini.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Andri Saubani
Jokowi menunjuk sejumlah nama baru dalam kabinetnya
Foto:

3. Budi Gunadi Sadikin (BGS)

BGS, panggilan akrab Budi, cukup mengejutkan banyak orang dengan terpilih sebagai Menteri Kesehatan. Kendati tidak memiliki latar belakang spesifik di sektor kesehatan, namun nyatanya ia dipercaya Presiden Jokowi menjabat Menkes.

Sampat ini, sebelum dilantik sebagai Menkes, BGS masih menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN mendampingi Erick Thohir. BGS juga menjabat Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang masuk dalam Komite Penanganan Covid-19 dan PEN di bawah Kemenko Perekonomian.

Alumni ITB ini memang punya catatan karir yang cemerlang. Meski lulus dengan latar pendidikan teknik, Budi juga mengambil pendidikan ekonomi di Washington University, AS. Ia sempat bekerja di IBM di Jepang pada 1988 sebelum kembali ke Indonesia.

Puncak kariernya sebelum masuk ke kementerian, BGS pernah menjabat Dirut Bank Mandiri pada 2013 sampai 2016.

photo
Budi Gunadi Sadikin berbicara saat berkunjung ke Harian Republika. Foto Musiron/Republika - (Republika)

4. Wahyu Sakti Trenggono

Sebelum bergeser ke posisi Menteri Kelautan dan Perikanan, Trenggono telah menjabat Wakil Menteri Pertahanan mendampingi Prabowo Subianto. Trenggono yang merupakan lulusan ITB ini memiliki rekam jejak sebagai Komisaris PT Solusindo Kreasi Pratama, membawahi PT Tower Bersama Infrastruktur. Trenggono bahkan sempat menjabat Ketum Asosiasi Pengembang Infrastruktur Menara Telekomunikasi pada 2005 sampai 2016

Namun jauh sebelumnya, Trenggono memulai karier di PT Astra Motor pada tahun 1986.

photo
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) berbincang bersama Wamenhan Sakti Wahyu Trenggono (kiri) usai mengikuti rapat kerja bersama Komisi I DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (20/1). - (Republika/Prayogi)

5. Muhammad Luthfi

M Luthfi sebenarnya adalah nama lama di lingkungan pemerintahan. Sama seperti Sandiaga, Luthfi meniti karier sebagai pebisnis. Ia pernah menjabat sebagai Ketum HIPMI tahun 2001 sampai 2004. Kemudian dirinya sempat ditunjuk Presiden SBY sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Saat itu, usianya masih 36 tahun.

Pada 2008, Luthfi juga menyabet predikat Pemimpin Muda Berpengaruh versi The World Economic's Forum's Young Global Leaders. Saat ini, Luthfi menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, ditunjuk Presiden Jokowi pada September 2020.

photo
Muhammad Lutfi - (Republika)
 

6. Yaqut Cholil Qoumas

Gus Yaqut, panggilan akrab Yaqut, adalah tokoh Nahdlatul Ulama (NU) asal Rembang. Putra KH Muhammad Cholil Bisri, satu di antara pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), itu sempat mengemban amanah sebagai Ketua Umum GP Ansor. Ia juga sempat masuk dalam jajaran anggota parlemen, DPR RI 2019-2024 dari daerah pemilihan Jawa Tengah.

photo
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Yaqut Cholil Qoumas (kiri) dan Ketua Jatman Habib Muhammad Luthfi Bin Ali Bin Yahya (kanan) menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Pahlawan bersama 100.000 anggota Banser (Barisan Ansor Serbaguna) di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis (22/11/2018). - (Antara/Harviyan Perdana Putra)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement