Kamis 10 Dec 2020 19:27 WIB

Penjual Mangga Banting Harga, Hanya Rp 8.000 per Kg

Pedagang banting harga menjelang berakhirnya musim jualan mangga pekan ini.

Penjual Mangga Banting Harga, Hanya Rp 8.000 per Kg. Pedagang memilah buah mangga. Ilustrasi
Foto: Republika/Prayogi
Penjual Mangga Banting Harga, Hanya Rp 8.000 per Kg. Pedagang memilah buah mangga. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah pedagang buah di Pasar Minggu, Jakarta Selatan menjual buah mangga dengan harga relatif murah mulai dari Rp 8.000 per kilogram (Kg). Pedagang banting harga menjelang berakhirnya musim jualan mangga pekan ini.

"Sudah mau habis musimnya sekarang, sekarang sudah jualan terakhir ini, masa penghabisan," kata salah satu penjual mangga, Ridwan, Kamis (10/12).

Baca Juga

Ridwan dan sejumlah pedagang buah lainnya menjual beberapa jenis mangga, salah satunya yang paling banyak ditemukan adalah mangga arum manis. Pedagang membagi dua kelompok harga mangga yakni Rp 8.000 per Kg untuk ukuran sedang. Ada juga yang dijual Rp 10 ribu per Kg untuk ukuran lebih besar.

"Kalau harga Rp 8.000 di Pasar Minggu, yang jual di pinggir jalan bisa Rp 10 ribu per Kg," kata Ridwan.

Para pedagang mangga mengambil mangga langsung dari Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur. Selisih harga jual antara kedua pasar tidak jauh berbeda karena juga merupakan sentra penjual buah.

Selain mangga, pedagang juga menjual aneka buah-buahan lainnya seperti buah naga dibanderol Rp 5.000 per biji untuk ukuran kecil dan Rp 10 ribu untuk ukuran besar. Hampir semua jenis buah yang sering dikonsumsi masyarakat ada di Pasar Minggu, tepatnya di Lokasi Binaan (Lokbin) di belakang komplek Pasar Minggu.

Ada salak pondoh yang dijual Rp 10 ribu per Kg, pepaya Rp 5.000 per biji ukuran sedang, lalu ada semangka, melon dan pisang dengan harga bervariasi. Pada pedagang umumnya berjualan dengan gerobak.

Di setiap gerobak mereka menggantungkan harga jual buah sehingga memudahkan pembeli untuk memilih dan membeli. Berbelanja di area Lokasi Binaan Pasar Buah Pasar Minggu juga bisa dengan memarkirkan kendaraan, atau belanja tanpa memarkirkan kendaraan. Pedagang yang langsung mendatangi pembeli.

Berdasarkan kalender musim buah di Indonesia, buah mangga sebagai buah tropis yang akan berbuah lebat pada Agustus hingga November. Buah ini juga memasuki musimnya meski dalam jumlah sedikit pada April hingga Juni.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement