Rabu 25 Nov 2020 19:27 WIB

Ada Vaksin, Sandi: Ekonomi Tumbuh Positif pada 2021

Menurut Sandi, pertumbuhan ekonomi dunia, termasuk Indonesia ikut melambat.

Pengusana nasional Sandiaga Salahuddin Uno.
Foto: @sandiuno
Pengusana nasional Sandiaga Salahuddin Uno.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengusaha terkemuka Sandiaga Uno optimistis perekonomian dunia khususnya Indonesia bergerak ke arah positif pada 2021. Menurut Sandi, prediksi itu didukung adanya ketersediaan vaksin yang dapat dimanfaatkan pemerintah untuk mengendalikan penyebaran Covid-19.

"Saya menilai perkembangan ekonomi pada tahun 2021 akan sangat menarik. Saya optimistis perkembangan ekonomi akan meningkat. Tentunya akan mendatangkan investasi," kata Sandi dalam diskusi daring yang digelar UOB Kayhian, Sandilogi, dan Aden & Co di Jakarta pada Rabu (25/11).

Selama 2020, menurut Sandi, pertumbuhan ekonomi dunia, termasuk Indonesia ikut melambat karena ada pandemi Covid-19. Badan Pusat Statistik (BPS) merilis, perekonomian Indonesia pada triwulan III-2020 mengalami kontraksi 3,49 persen. BPS juga mencatat terjadi kontraksi dalam perekonomian Indonesia pada triwulan II-2020 tumbuh minus 5,32 persen.

Meski begitu, Sandi melihat, ketersediaan vaksin pada awal 2021 bisa mencegah penyebaran Covid-19, hingga membuat aktivitas masyarakat kembali normal. Sehingga, harapannya ekonomi bisa tumbuh positif pada 2021.

"Ketersediaan vaksin berita yang sudah kami tunggu. Pasar global memandang positif ketersediaan vaksin. Pertumbuhan ekonomi akan meningkat dan berdampak dari vaksin ini," kata wakil gubernur DKI periode 2017-2018 ini.

Bagi perusahaan, sambung dia, adanya Covid-19 merupakan tantangan bagaimana menghadapi virus tersebut untuk menjadi pemenang. "Perusahaan harus mempunyai strategi memenangkan melawan Covid. Saya optimis melihat ekonomi Indonesia pada tahun depan," ucap Sandi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement