Senin 23 Nov 2020 09:13 WIB

UMK 2021 Naik, Perusahaan di Ring 1 Jatim Berencana Relokasi

UMK di lima kabupaten/kota di Jatim mengalami kenaikan pada tahun depan.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Nidia Zuraya
Upah buruh dan pekerja. ilustrasi
Upah buruh dan pekerja. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah mengumumkan besaran Upah Minimum Kabupaten/ Kota di 38 daerah yang ada di wilayah setempat. Khusus ring 1 Jatim yang meliputi Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Kabupaetn Mojokerto, dan Kabupaten Pasuruan, kenaikannya merata, yakni Rp 100 ribu dibanding UMK tahun sebelumnya.

Wakil Ketua Bidang Organisasi Apindo Jatim, Johnson Simanjuntak mengaku, banyak pengusaha yang merasa keberatan atas kenaikkan tersebut. Utamanya pengusaha-pengusaha yang bergerak di sektor padat karya. Mereka keberatan mengingat situasi saat ini yang masih dilanda pandemi Covid-19.

Baca Juga

"Padat karya itu yang pasti paling terdampak. Ini sangat berdampak bagi mereka," ujar Johnson di Surabaya, Senin (23/11).

Karena merasa keberatan, kata Johnson, ada beberapa perusahaan yang mempertimbangkan untuk melakukan relokasi ke daerah yang UMK-nya lebih rendah. Meskipun, Johnson enggan menyebut jumlah pastinya. Bahkan, lanjut Johnson, ada beberapa perusahaan yang telah merelokasi usahanya ke daerah seperti Nganjuk dan Ngawi.

"Sudah banyak mereka yang mengeluhkan. Salah satunya mereka akan berpikir untuk relokasi. Sudah ada beberapa juga yang relokasi kan. Mereka sedang menyiapkan lahan di Nganjuk dan Ngawi," kata Johnson.

Selain itu, kata Johnson, ada juga beberapa perusahaan yang memikirkan untuk merelokasi usahanya ke daerah di Jawa Tengah. Johnson mengatakan, Apindo tidak akan bisa mencegah ketika perusahaan-perusahaan itu memutuskan untuk merelokasi usahanya. Mengingat mereka juga parti telah mempertimbangkan berbagai hal.

"Relokasi yang dimaksud ini mudah-mudahan hanya sekitar Jawa Timur. Tapi mereka Melirik juga Jawa Tengah. Gubernur sudah berusaha menahan agar tidak keluar dari Jawa Timur. Kalau dia merasa bahwa relokasi merupakan satu keputusan yang bijaksana bagi perusahaaan itu kita tidak akan bisa untuk mencegah," ujar Johnson.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement