Ahad 22 Nov 2020 15:41 WIB

Gorontalo Pertahankan Nihil Positif Corona

Dalam beberapa hari tak ada laporan kasus positif Covid 19 di Provinsi Gorontalo.

Rep: Djoko Suceno/ Red: Agus Yulianto
Forkopimda Provinsi Gorontalo saat menandatangani Deklarasi Disiplin Protokol Kesehatan untuk mencegah pandemi Covid 19.
Foto: Dok Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 1
Forkopimda Provinsi Gorontalo saat menandatangani Deklarasi Disiplin Protokol Kesehatan untuk mencegah pandemi Covid 19.

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO - - Provinsi Gorontalo memertahankan laporan tanpa adanya kasus positif Covid 19 (nihil) sejak Selasa (17/11) hingga Sabtu (21/11) . Padahal, selama kurun waktu tersebut pemeriksaan terhadap spesimen terus dilakukan.

"Dalam beberapa hari ini  tidak ada laporan  kasus positif Covid 19 di Provinsi Gorontalo,’’ kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Gorontalo,  dr Triyanto Bialangi,  dalam siaran persnya yang diterima Republika.co.id, Ahad  (22/11). 

Menurut Triyanto, jumlah pasien  terkonfirmasi  positif Covid 19 samai Sabtu (21/11) sebanyak 3.061 orang dengan  angka kesembuhan mencapai 2.951. Sedangkan jumlah korban meninggal dunia sebanyak  86 orang dan pasien positif yang masih dalam perawatan sebanyak 24 orang.

‘’Pada  Jumat tanggal 20 November pasien yang dinyatakan sembuh bertambah satu orang,’’ ujar dia.

Triyanto, mengatakan,  ada  Jumat (20/11) tim melakukan  pemeriksaan spesimen terhadap  188 orang. Dari jumlah tersebut semuanya dinyatakan negatif.  Pemeriksaan kembali dilakukan pada Sabtu (21/11) dengan jumlah spesimen 64 orang.

‘’Dari hasil pemeriksaan tersebut juga nihil positif Covid 19. Kami bersyukur bersama yang dilakukan oleh Forkominda dan elemen masyarakat dalam mencegah Covid membuahkan hasil,’’ tutur dia.

Menurut Triyanto, secara komulatif sampai tanggal 21 November jumlah positif Covid di Provinsi Gorontalo sebanyak  3.061. Dari enam kabupaten/kota  di Provinsi Gorontalo riciannya adalah Kota Gorontalo (190), Kabupaten Gorontalo (916), Kabupaten Boalemo (261), Kabupaten Pohuwato (118), Kabupaten Bone Bolango (305), dan Kabupaten Gorontalo Utara (236).

Triyanto mengatakan, nihilnya angka Covid di Gorontalo dalam beberapa hari terakhir ini merupakan buah dari upaya bersama jajaran Forkopimda  mulai dari tingkat kabupaten/kota  hingga Provinsi Gorontalo.

Seluruh Forkopimda dan tokoh masyarakat bahu membahu dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar jaga jarak ketika bertemu, tidak bersentukan, cuci tangan pakai sabun, hindari kerumunan, dan gunakan masker saat diluar rumah.

‘’Kami Forkopimda bahu membahu menyosialisasikan pencegahan Covid 19 ke masyarakat,’’ tutur dia.

Selain itu, lanjut Triyanto,  tim gabungan pemerintah daerah, TNI, Polri,  Kejaksaan, bersinergi dalam melakukan penindakan terhadap pelanggar protokol kesehatan.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement