Senin 16 Nov 2020 13:12 WIB

Kali Bekasi Berbusa, Distribusi PDAM Tirta Patriot Terganggu

Menurut Ketua KP2C Puarman, limbah di Kali Bekasi berasal dari Kali Cileungsi.

Rep: Uji Sukma Medianti/ Red: Erik Purnama Putra
Kondisi aliran air sungai yang berbusa membuat pasokan pelanggan PDAM terganggu (ilustrasi).
Foto: Republika/Prayogi
Kondisi aliran air sungai yang berbusa membuat pasokan pelanggan PDAM terganggu (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Kali Bekasi kembali berbusa. Akibatnya, pelayanan distribusi pelanggan PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi menjadi terganggu. Ketua Komunitas Peduli Sunga Cileungsi-Cikeas (KP2C) Puarman, mengatakan, limbah yang mencemari Kali Bekasi itu berasal dari Kali Cileungsi, Kabupaten Bogor.

“Limbah dari Sungai Cileungsi, kalau hari biasa itu biasanya numpuk di Curug Parigi, terus begitu tinggi muka air sungai naik, baru hanyut di Kali Bekasi,” terang Puarman kepada wartawan, Ahad (15/11).

Dia belum mengetahui secara pasti asal usul limbah busa tersebut. Hanya saja, di sekitar area itu berdiri sekitar 80 pabrik dan juga usaha laundry pakaian. "Kami tidak tahu persis, yang jelas di atas ada laundry dan macam-macam. Di kanan Sungai Sileungsi memang didominasi oleh pabrik. Sekitar 80 pabrik,” kata Puarman.

Menurut Puarman, sejak tiga tahun lamanya masalah di Kali Bekasi selalu berulang. Apabila musim hujan datang, sambung dia, kali menjadi banjir. Sementara ketika airnya surut, kalinya akan tercemar limbah seperti yang terjadi baru-baru ini.

“Sungai ini masalahnya ketika musim hujan dia banjir, ketika kemarau atau air lagi kurang debitnya, ada pencemaran, banyak pencemaran ya enggak cuma buih saja,” ungkapnya.

Kendati begitu, Puarman melanjutkan, pihak pemda telah melakukan upaya mengatasi masalah itu. Sejak Oktober hingga Desember 2020, Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat (DLH Jabar) telah membentuk patroli sungai, yang anggotanya 30 orang.

Selain itu, KP2C juga melibatkan masyarakat dan komunitas untuk ikut sera. “Ketika menemukan limbah, kami melaporkan ke DLH jabar untuk tindaklanjut,” tutur Puarman.

Adapun, sebelumnya diketahui kondisi Air Baku sudah kembali normal. Pihak PDAM Tirta Patriot pun sedang melakukan pengurasan jaringan di beberapa titik wilayah pelanggan PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi agar pelayanan distribusi air bersih dapat digunakan seperti biasa oleh pelanggan PDAM Tirta Patriot.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement