Sabtu 14 Nov 2020 14:28 WIB

JK: Kemajuan Papua Hanya Bisa Melalui Pembangunan SDM

JK harap putra putri Papua bisa peroleh kesempatan belajar lebih luas.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Indira Rezkisari
Jusuf Kalla pada Sabtu (14/11) menggelar silaturahmi dengan pengurus HMI dan KAHMI di Papua.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Jusuf Kalla pada Sabtu (14/11) menggelar silaturahmi dengan pengurus HMI dan KAHMI di Papua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 Jusuf Kalla (JK) mengatakan kemajuan Papua hanya bisa diraih melalui pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Karena itu, menurutnya sumber daya alam Papua yang sangat melimpah perlu dikelola dengan baik.

JK pun menyarankan putra-putri Papua memperoleh kesempatan belajar lebih luas, bahkan hingga ke daerah. Itu disampaikan JK saat melakukan silaturahmi dengan sejumlah pengurus HMI dan KAHMI Papua di Sekretariat HMI Papua, Jalan Nuri Kota Abepura, Proivnsi Papua, Sabtu (14/11)

Baca Juga

"Saya harap putra-putri Papua belajar lebih giat untuk mengasah diri kalau perlu ke daerah lain di Indonesia biar tahu bagaimana cara mengelola sumber daya alam Papua. Karena kunci kemajuan hanya ada pada peningkatan sumber daya manusianya," ujar JK dalam siaran pers.

JK menyampaikan harapannya kepada para pendatang yang ada di Papua. Meski pendatang,  namun harus merasa diri sebagai orang asli Papua karena sudah tinggal dan hidup di Papua.

"Anda semua sudah berada di Papua artinya Anda harus merasa sebagai orang Papua walaupun asalnya dari mana-mana, begitu juga keturunannya tapi Anda harus merasa sebagai orang Papua dan harus bisa hidup secara bersama sama," kata JK.

Selain itu JK juga memuji kehidupan toleransi beragama di Papua yang menurutnya sangat tinggi dan salah satu kehidupan toleransi yang terbaik di Indonesia. "Tadi saya habis ketemu dengan tokoh-tokoh agama di Papua ini untuk membicarakan perdamaian, alhamdulillah kehidupan toleran beragama di Papua sangat tinggi, bahkan bisa dikatakan terbaik di Indonesia," kata JK.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement