Jumat 13 Nov 2020 21:45 WIB

Antisipasi Banjir, Pemkot Jakpus Bakal Relokasi Pohon

Pohon yang bakal dievakuasi berada di enam titik prioritas antisipasi banjir.

Rep: Febryan A/ Red: Bilal Ramadhan
Warga melihat bajaj yang tertimpa pohon yang tumbang di Jalan Perwira, Jakarta Pusat, Selasa (21/11).
Foto: Republika/Prayogi
Warga melihat bajaj yang tertimpa pohon yang tumbang di Jalan Perwira, Jakarta Pusat, Selasa (21/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suku Dinas (Sudin) Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat (Jakpus) bakal merelokasi pohon. Sebab, sejumlah pohon itu berada di area yang akan dibuat kolam olakan dan area perbaikan saluran.

"Jadi kita bantu untuk evakuasi pohon untuk pembuatan kolam olakan atau perbaikan saluran," kata Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakpus, Mila Ananda dalam siaran persnya, Jumat (13/11).

Pohon yang bakal dievakuasi berada di enam titik prioritas antisipasi banjir. Yakni di Kelurahan Johar Baru, Kelurahan Karet Tengsin, Kelurahan Petamburan, Kelurahan Kebon Kelapa, Kelurahan Bendungan Hilir, dan Kelurahan Cempaka Putih Barat.

Untuk mengevakuasi pohon-pohon tersebut, kata Mila, pihaknya bakal mengutamakan metode relokasi dibanding penebangan. "Sebisa mungkin kita upayakan relokasi, jika bisa direlokasi. Tapi jika harus ditebang, kami tebang," katanya.

Adapun pohon yang direlokasi, lanjut dia, selanjutnya akan diletakkan di lokasi penampungan untuk disehatkan kembali. Setelah itu, pohon itu akan dipindahkan ke area yang bisa dan butuh ditanami pohon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement