Rabu 04 Nov 2020 13:05 WIB

Pemkab Purwakarta Perbaiki Pusat Latihan Atlet Angkat Berat

Pusat Latihan Atlet Angkat Berat Purwakarta banyak melahirkan altet berprestasi.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Dwi Murdaningsih
Latihan angkat berat (ilustrasi).
Foto: ANTARA /RAISAN AL FARISI
Latihan angkat berat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Pemerintah Kabupaten Purwakarta memperbaiki gedung yang menjadi pusat pelatihan atlet angkat berat. Pusat pelatihan yang melahirkan banyak juara angkat berat ini kondisinya perlu perbaikan sarana dan prasarananya.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika melakukan peletakan batu pertama pembangunan pusat pelatihan yang juga menjadi Gedung Pengurus Cabang Persatuan Angkat Besi Bina Raga Angkat Berat Seluruh Indonesia (PABBSI) Kabupaten Purwakarta, Selasa (3/11). Pusat pelatihan ini berlokasi di Jalan Raya Cibening nomor 366, Kecamatan Bungursari.

Baca Juga

Bupati Anne mengatakan Purwakarta tak lepas dari nama besar atlet dan pelatih angkat berat, Roni Taliwongso . Di tempat ini, Roni yang pituin Purwakarta, semasa hidupnya pernah melahirkan atlit-atlit angkat berat yang berprestasi hingga tingkat dunia.

Kondisi bangunan saat ini membutuhkan perbaikan baik sarana maupun prasarananya. Melihat kondisi tersebut, Anne melalui jajaran Disporaparbud mengalokasikan anggaran untuk perbaikan atau rehab gedung yang telah berdiri sejak tahun 80-an diatas lahan bekas pemakaman itu.

"Tahun ini kita rehab dan perbaiki struktur bangunannya dulu, tahun depan kita lengkapi alat-alat olahraganya. Mudah-mudahan hal ini dapat lebih menggenjot prestasi para atlit angkat berat di Purwakarta agar terus berprestasi disemua tingkatan," kata Anne.

Menurutnya, pembangunan gedung tersebut seharusnya sudah selesai pada tahun ini. Namun sehubungan dengan terjadinya pandemi Covid-19 terjadi penundaan akibat adanya sejumlah refocusing anggaran sehingga beberapa program kegiatan terdampak.

Meski demikian, Anne mengatakan Pemkab Purwakarta menyatakan komitmennya mendukung pengembangan cabor angkat berat yang sering meraih medali emas tersebut.

"Jadi masih ada PR kedepan bahwa tempat ini harus menjadi tempat latihan pencetak atlit-atlit berprestasi," ujarnya.

Dia juga meminta agar cabang olahraga lain bisa ikuti jejak cabor PABBSI ini. Anak-anak muda diharap bisa diajak untuk tertarik pada olahraga ini.

"Sehingga nanti apa yang kami targetkan medali emas akan terus meningkat dari tahun sebelumnya," harapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement