Selasa 03 Nov 2020 17:15 WIB

Dukung Program 3M, PT KAI Bagikan Masker pada Penumpang

Kegiatan dilaksanakan di seluruh stasiun pemberangkatan penumpang wilayah Daop 5.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq
Perjalanan kereta api.
Foto: Yusuf Assidiq.
Perjalanan kereta api.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Dalam rangka mendukung program 3M (Mengenakan Masker, Menjaga Jarak, dan  Mencuci Tangan), PT KAI Daop 5 Purwokerto, Jawa Tengah, melaksanakan kegiatan bagi-bagi masker pada penumpang KA Jarak Jauh. Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh stasiun pemberangkatan penumpang wilayah Daop 5 Purwokerto, Selasa (3/11).

''Kegiatan ini juga sebagai bentuk komitmen PT KAI menjaga citra KA sebagai moda transportasi yang aman pada masa pandemi Covid-19,'' jelas Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto.

Ia menyatakan, selama ini PT KAI selalu mengedepankan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan jasa perjalanan KA. Pada setiap penumpang yang akan menggunakan jasa layanan KA, diwajibkan untuk mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebelum masuk stasiun dan menaiki KA.

''Sesuai ketentuan yang berlaku, calon penumpang KA jarak jauh juga diwajibkan menunjukkan Surat Keterangan hasil tes PCR atau rapid test yang berlaku selama 14 hari,'' jelasnya.

Bahkan pada penumpang KA jarak jauh, PT KAI juga memberikan face shield yang wajib dikenakan selama perjalanan. Namun untuk masker, Supriyanto menyebutkan, baru kali ini PT KAI memberikan pada penumpang. '

'Ada ribuan masker yang kita bagikan kepada pelanggan KA di Stasiun Purwokerto, Kroya, Kebumen, Gombong, dan Kutoarjo,'' ujar dia.

Dalam kesempatan itu dia juga menyatakan, sepanjang libur panjang akhir pekan kemarin, PT KAI terbukti masih menjadi moda transportasi kepercayaan masyarakat. Hal ini terbukti dari tingkat keterisian penumpang KA.

''Semua perjalanan KA jarak jauh, baik tujuan Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, maupun Semarang, terisi penuh,'' jelasnya. Terisi penuh yang dimaksud, adalah jumlah penumpang yang disesuaikan dengan ketentuan physical distancing di atas KA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement