Selasa 03 Nov 2020 08:38 WIB

Top 5 News: Anies Dicibir, Bangkai Transjakarta, Kartun Nabi

Anies Baswedan dicibir karena Jakarta juara layanan transportasi dunia.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Foto:

3. Karya Seni Boleh Hina Islam? Tirulah Brasil dan Rusia

Sejumlah langkah telah memicu keprihatinan bahkan luapan kemarahan umat Islam. Tak hanya di Eropa, tapi juga seluruh dunia. Dalih kebebasan dianggap sebagai hal yang wajar untuk mengungkapkan ekspresi walaupun harus menyinggung perasaan umat Islam, khususnya di Eropa.

photo
Politikus Belanda Geert Wilders. - (EPA)
 

Cermati sejumlah lintasan peristiwa. Dari gambar kartun Nabi Muhammad yang dimuat di harian Denmark hingga pelarangan menara masjid dan cadar yang digunakan oleh perempuan Muslim di Prancis. Ada pula film Fitna yang dibuat oleh politikus anti-Islam, Geert Wilders.

Ada Muslim Eropa yang menanggapinya dengan kepala dingin, ada pula yang tidak. Jan Hjarpe, seorang profesor emeritus studi Islam di Lund University, Swedia Selatan, mengkhawatirkan sejumlah karya, termasuk karya seni di Eropa yang kerap kali provokatif itu.

Baca berita lengkapnya di sini.

4. Francois Hollande: Muslim tak Boleh Disamakan dengan Teroris

PARIS - Umat Islam tidak boleh disamakan dengan para teroris, kata mantan Presiden Prancis Francois Hollande pada Jumat.

 

"Para teroris Islamis ini ingin menciptakan perang antaragama," kata Hollande saat menanggapi serangan pisau mematikan di kota Nice, yang menewaskan tiga orang.

photo
Mantan presiden Perancis Francois Hollande (kanan) berbicara dengan Presiden Emmanuel Macron setelah upacara serah terima di Elysee Palace, Paris. - (Patrick Kovarik/Reuters)

"Jangan samakan antara teroris ini dengan Muslim. Itu akan menjadi kesalahan yang akan menjerumuskan kita ke dalam konflik yang tidak ingin kita sentuh," kata mantan presiden itu di televisi LCI.

Baca berita lengkapnya di sini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement