Jumat 30 Oct 2020 07:30 WIB

318 Disdukcapil Daerah Layani Jemput Bola Adminduk

Mendagri Tito mendorong agar cakupan perekaman KTP-el makin tinggi.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agus Yulianto
Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil  Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh Sh, MH.
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh Sh, MH.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 318 dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) di daerah tetap produktif melayani administrasi kependudukan di liburan panjang akhir pekan ini. Direktur Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, Disdukcapil di 318 kabupaten dan kota itu tetap bekerja pada Rabu-Kamis (28-29).

"Untuk apa melembur di hari libur? Tak lain untuk melakukan pelayanan jemput bola (jebol) mendatangi masyarakat untuk melakukan perekaman data KTP-el, sekaligus mencetak data print ready record (PRR) menjadi KTP elektronik dan langsung diterima masyarakat saat itu juga," ujar Zudan dalam keterangan yang diterima, Kamis (29/10).

Zudan mengatakan, saat ini cakupan perekaman KTP-el mencapai 98 persen atau 189.676.771 jiwa dari 192 juta penduduk wajib KTP. Namun, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian terus mendorong agar cakupan perekaman KTP-el makin tinggi.

Karenanya, untuk mengejar target cakupan perekaman yang lebih tinggi, para Kadis Dukcapil berbondong-bondong menyambut dengan semangat militansi oleh segenap aparatur Dukcapil.

"Terbukti selama dua hari terakhir, dari 318 Disdukcapil daerah tersebut tercatat tak kurang sebanyak 10.276 warga direkam datanya hingga PRR. Tak kurang sebanyak 34.551 KTP-el dicetak serta dibagikan di tempat," kata Zudan.

Zudan melanjutkan, selain mengejar cakupan kepemlikan KTP-el yang lebih tinggi, pelayanan 'jemput bola' perekaman data KTP-el langsung cetak ini dihelat demi menyukseskan Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020 mendatang.

Zudan mencatat, 20 Disdukcapil Kabupaten/Kota dengan transaksi pembuatan akta, KK, surat pindah, perekaman dan pencetakan KTP-el tertinggi. Masing-masing adalah Disdukcapil Kota Lhokseumawe, Kabupaten Bengkalis, Tanjung Jabung Timur, Tulang Bawang, Sudin Dukcapil Kota Jakarta Barat, Disdukcapil Kota Tangerang, Serang, Lebak, Sukabumi, Tasikmalaya, Garut, Subang, Brebes, Lumajang, Banyuwangi, Kota Surabaya, Buleleng, Kutai Kertanegara, Bantaeng, dan Bone.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement