Rabu 21 Oct 2020 05:30 WIB

Pasien Covid Meninggal, Siswa Natuna Kembali Belajar Daring

Pasien Covid-19 pertama dan satu-satunya Natuna meninggal Jumat lalu.

Ilustrasi Covid-19, Siswa di Kabupaten Natuna kembali belajar daring setelah kasus pertama Covid-19 di Natuna meninggal dunia.
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19, Siswa di Kabupaten Natuna kembali belajar daring setelah kasus pertama Covid-19 di Natuna meninggal dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, NATUNA -- Bupati Kabupaten Natuna, Kepri, Abdul Hamid Rizal, menerbitkan surat edaran berisi imbauan siswa kembali menerapkan proses belajar daring dari rumah. Kebijakan tersebut berlaku setelah seorang warga tempatan meninggal karena Covid-19.

Semula, pelajar di pulau terluar Indonesia tersebut sudah melaksanakan belajar tatap muka di sekolah selama dua pekan terakhir.

Baca Juga

"Kami minta kegiatan belajar mengajar pada satuan pendidikan KB, TK, SD, SMP, SKB dan PKBM Negeri dan Swasta mulai tanggal 21 Oktober sampai dengan 31 Oktober 2020 untuk meniadakan sementara kegiatan belajar secara tatap muka di kelas dan melakukan kegiatan belajar dari rumah secara daring atau luring," kata Bupati di dalam surat yang diterima di Natuna, Selasa (20/10).

Surat Edaran Bupati Natuna tanggal 20 Oktober 2020 dengan nomor 440/324/DISDIK DIKDAS/X/2020 itu ditujukan kepada kepala sekolah atau pengelola PAUD, DIKMAS, SD, SMP Negeri dan Swasta se-Kabupaten Natuna. Bupati Natuna meminta kegiatan peserta didik selama belajar di rumah diatur oleh satuan pendidikan.

Kepala satuan pendidikan diminta berkomunikasi dengan orang tua atau wali peserta didik untuk dapat membimbing serta mendampingi anak belajar dari rumah. Selain itu, kepala satuan pendidikan harus berkomunikasi dengan orang tua atau wali peserta didik untuk membatasi anak-anak keluar rumah tanpa ada kepentingan yang mendesak.

"Satuan pendidikan agar ikut melaksanakan pemantauan terhadap peserta didik bila mana terindikasi Covid-19 segera melaporkan ke fasilitas kesehatan terdekat dan tembusan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna," kata dia.

Satgas Covid-19 Natuna menyatakan seorang pasien berinisial Z yang sempat diisolasi kemudian meninggal di RSUD Natuna menjadi kasus pertama positif Covid-19 di wilayah itu berdasarkan hasil tes swab yang baru keluar pada Ahad malam (18/10). "Sehingga otomatis, Natuna masuk kategori zona kuning yang sebelumnya berstatus zona hijau," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Natuna Hikmat Aliansyah, Selasa.

Hikmat menjelaskan mengenai kronologi Z yang akhirnya diketahui terpapar Covid-19. Z datang berobat ke RSUD Natuna pada Rabu malam (14/10) dengan keluhan batuk pilek dan sesak napas.

Berdasarkan hal tersebut, petugas kesehatan langsung bertindak yakni melakukan tes cepat dan hasilnya adalah reaktif. Selanjutnya dilakukan rontgen dan terlihat adanya pneumonia pada paru paru Z.

Kemudian, petugas berencana melakukan swab pada hari Jumat (16/10), namun pada Kamis pagi (15/10), pasien Z dinyatakan meninggal dunia. "Namun, tetap dilakukan swab dan tetap dikirimkan. Sebagai antisipasi petugas juga sudah melakukan pemakaman secara protokol Covid-19. Yang mana setelah jenazah dimandikan tidak ada lagi kontak dengan keluarga, dimasukkan dalam peti dan dimakamkan secara Covid-19," imbuhnya.

Lanjut Hikmat, langkah selanjutnya yang diambil oleh Satgas Covid-19 adalah akan melacak keluarga dan orang-orang yang kemungkinan melakukan kontak kepada Z dan melakukan tes cepat. Jika reaktif akan dilanjutkan dengan tes usap.

“Fasilitas RSUD Natuna memang masih ada keterbatasan, namun kalau ada pasien tetap harus dirawat. Kalau memang perlu dirujuk baru kita rujuk,” katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement