Senin 19 Oct 2020 19:53 WIB

Hadapi Pandemi dan Bencana, Sukabumi Salurkan Bantuan Pangan

Penerima bantuan di empat kelurahan itu yakni 92 kepala keluarga (KK).

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Lawan Corona. Ilustrasi
Foto: Republika
Lawan Corona. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi menyalurkan bantuan cadangan pangan pemerintah daerah pada pertengahan Oktober 2020. Pendistribusian bantuan ini dalam rangka menghadapi masa pandemi Covid-19 dan potensi bencana alam di tengah tingginya intensitas hujan.

Penyaluran bantuan ini secara seremonial dilakukan secara Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi untuk warga Kelurahan Cisarua, Selabatu, Citamiang dan Situmekar pada 16 Oktober 2020 lalu. Penerima bantuan di empat kelurahan itu yakni 92 kepala keluarga (KK), 342 jiwa dengan jumlah bantuan 1.738,5 kilogram.

''Tidak bisa dimungkiri bahwa setiap bencana mengintai kita semua termasuk dampak pandemi,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, Senin (19/10).

Persiapan maksimal harus dilakukan pemerintah daerah sebagai bentuk kehadiran ketika masyarakat mendapatkan musibah, termasuk ketika mendapatkan bencana alam dan pandemi.

Tugas pemda, lanjut Fahmi, diantaranya menyiapkan tenaga medis dan dukungan bahan pokok. Sebab kedua hal tersebut menjadi sesuatu hal yang penting untuk meringankan korban bencana.

Menurut Fahmi, pendistribusian ini serentak di tiap kecamatan untuk pembagian cadangan pangan pokok. Upaya ini sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah untuk warga masyarakat yang mengalami musibah.

Pemerintah pusat, ungkap Fahmi, sudah menyampaikan instrukasi antara bulan Oktober terjadi perubahan iklim yang sangat memungkinkan terjadinya bencana sehingga harus tetap waspada. Salah satunya memberikan dukungan kepada aparatur yang ada di wilayah dengan menyampaikan informasi kejadian atau hal apapun yang ada di setiap wilayah kepada aparatur di wilayah tersebut.

''Khusus di masa pandemi, kami juga menyiapkan Halo Sosial ketika ada warga yang tidak bisa makan,'' ungkap Fahmi. 

Nantinya ketika ada laporan warga yang kesulitan makan, maka akan segera disalurkan bantuan kepada mereka.

Kepala DKP3 Kota Sukabumi Andri Setiawan menambahkan, bantuan cadangan pangan pemerintah ini diberikan untuk membantu warga yang membutuhkan. Di mana beras yang disalurkan memiliki kualitas yang terbaik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement