Kamis 18 Mar 2021 19:47 WIB

Ridwan Kamil Ajak Swasta Terlibat Program Vaksin Covid-19

Keterlibatan swasta, dapat mempercepat pemulihan ekonomi.

Rep: arie lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad
 Gubernur Jabar Ridwan Kamil tinjau Grab Vaccine Center di Jawa Barat yang akan memvaksin lima ribu orang beroperasi pada 16 sampai 18 Maret 2021 di SPORT Jabar Arcamanik Kota Bandung.
Foto: humas pemprov Jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil tinjau Grab Vaccine Center di Jawa Barat yang akan memvaksin lima ribu orang beroperasi pada 16 sampai 18 Maret 2021 di SPORT Jabar Arcamanik Kota Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Kementerian Kesehatan Republik Indonesia kembali berkolaborasi dengan Grab dan Good Doctor untuk menghadirkan pusat vaksin dengan pendekatan 3-in-1 untuk memvaksinasi 5,000 orang lansia dan pekerja sektor publik transportasi, pariwisata, dan media di Provinsi Jawa Barat.

Grab Vaccine Center di Jawa Barat beroperasi pada 16 sampai 18 Maret 2021 di SPORT Jabar Arcamanik untuk gelombang pertama dan pada 12 sampai 15 April 2021 untuk gelombang kedua vaksinasi.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, menyambut baik kegiatan vaksinasi massal ini. Ia mengajak swasta untuk turut menyukseskan program vaksinasi Covid-19. Keterlibatan swasta, dapat mempercepat pemulihan ekonomi.

Menurut Ridwan Kamil, dengan percepatan Program Vaksinasi Nasional dan tercapainya kekebalan kelompok, ekonomi juga akan segera pulih. Namun untuk mencapai hal ini, semua pihak harus bergandengan tangan. Baik itu pemerintah maupun sektor swasta untuk saling bahu membahu membela negara, berperang melawan Covid-19. 

 

"Saya harap apa yang telah dilakukan Grab dan Good Doctor melalui Grab Vaccine Center ini dapat menjadi contoh inspiratif bagi berbagai pihak dengan berbagai inovasi yang dihadirkan di pusat vaksin Grab," ujar Ridwan Kamil, yang akrab disapa Emil dalam kunjungannya ke Grab Vaccine Center Jawa Barat, Kamis (18/3)?

Baca juga : Kapolri Ingatkan Prokes 5M Usai Vaksinasi Covid-19

Emil mengatakan, ia sangat mengapresiasi dan terinspirasi dengan metode vaksinasi yang dilakukan di Grab Vaccine Center, yang menggabungkan layanan Drive-Thru dan Walk-In dengan sejumlah inovasi yang dihadirkan mulai dari tahap pre-skrining melalui telemedicine, hingga penyediaan layanan khusus untuk lansia yang menjadikan proses vaksinasi lebih efisien. 

"Saya sampaikan selamat kepada Grab Vaccine Center yang berhasil mencapai target untuk memvaksinasi lebih dari 5,000 penduduk Jawa Barat dalam tiga hari pelaksanaannya,” katanya.

Program “Grab Untuk Kamu”, Apresiasi untuk Garda Terdepan yang memerangi Covid-19 Dalam rangka memperingati Hari Perawat Nasional pada 17 Maret, Grab mempersembahkan program “Grab Untuk Kamu” di Jawa Barat, Semarang, Yogyakarta, Medan, Palembang, dan Pekanbaru yang didedikasikan khusus untuk mengapresiasi dan mendukung para garda terdepan yang memerangi COVID-19, termasuk para perawat, dokter, dan tenaga kesehatan lainnya.

Grab bekerja sama dengan Enesis untuk menyediakan ribuan perlengkapan kesehatan yang akan diberikan kepada para perawat di 18 rumah sakit di wilayah Jawa Barat. Selain itu, Grab juga bekerja sama dengan PT Kalbe Farma membagikan 10.000 kapsul Fatigon Promuno dan ratusan lembar masker kepada para anggota Satgas Covid-19 di bawah naungan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung. 

Menurut President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, pandemi Covid 19 ini, membuat para perawat dan tenaga medis lainnya muncul sebagai garda terdepan dan pahlawan bagi semua. Tetapi tenaga medis juga merupakan bagian dari masyarakat yang memiliki keluarga yang harus dilindungi.

Yakni, dari mulai para dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya, yang selalu berada di garis depan untuk melawan Covid-19 patut diapresiasi dan dihargai atas upaya mereka menyelamatkan nyawa masyarakat di tengah risiko kesehatan yang juga mengancam mereka. 

Baca juga : Lansia Non-KTP DKI Bisa Ikut Vaksinasi di GBK, Ini Caranya

Managing Director of Good Doctor Indonesia Technology Indonesia, Danu Wicaksana, inovasi Good Doctor dan Grab dengan melakukan pendekatan 3-in-1 dan fitur pre-screening serta kemudahan registrasi di aplikasi Grab dan Good Doctor untuk para lansia. Ini, merupakan metode yang terbukti mampu meminimalisasi terjadinya kerumunan dan potensi pembatalan atau penundaan vaksinasi yang dapat menghambat proses vaksinasi secara keseluruhan. 

Menurutnya, gabungan pendekatan teknologi yang diperkuat pelaksanaan operasional vaksinasi yang efektif dan efisien oleh Good Doctor dan Grab adalah kunci kesuksesan program ini. 

"Kami berterima kasih atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan dan kami siap sedia untuk terus bekerja sama dengan pemerintah dalam menyukseskan Program Vaksinasi Nasional di tanah air,“ katanya.

Pusat vaksin ini menggunakan pendekatan yang mengedepankan teknologi untuk memberikan pengalaman yang lebih nyaman bagi penerima vaksin mulai dari proses pra-registrasi, jadwal vaksinasi, pra-skrining serta penerapan pendaftaran melalui QR Code melalui layanan GrabHealth yang didukung oleh infrastruktur digital Good Doctor yang bekerja sama dengan pemerintah untuk pelaksanaan vaksinasi yang lebih efisien. Grab didukung oleh Danone Indonesia dengan salah satu merek air mineralnya, AQUA, menjadi official hydration drops partner yang menyediakan kebutuhan air minum berkualitas pada saat program vaksinasi ini berlangsung.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Johnny G. Plate, menyampaikan apresiasi kepada Grab dan Good Doctor atas kontribusinya terhadap Program Vaksinasi Nasional. Inovasi kegiatan vaksinasi yang dilakukan Grab dan Good Doctor melalui pelaksanaan vaksinasi 3-in-1 dapat mempercepat dapat mengakselerasi proses vaksinasi. “Pemerintah akan konsisten mendukung peran ekosistem seperti ini sebagai upaya untuk mempercepat proses vaksinasi nasional dan mencapai kekebalan kelompok (herd immunity),” ujar Menteri Johnny. 

Baca juga : Kapolri Ingatkan Prokes 5M Usai Vaksinasi Covid-19

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement