Rabu 07 Oct 2020 03:14 WIB

Jokowi: Rumah adalah Kebutuhan Dasar Semua Orang

Rumah adalah kebutuhan dasar semua orang sekaligus benteng pertahanan pertama

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Gita Amanda
Presiden Joko Widodo mengatakan sebuah kehormatan bagi rakyat Indonesia bahwa Kota Surabaya dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara The Global Observance of The World Habitat Day tahun 2020. (Iliustrasi)
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo mengatakan sebuah kehormatan bagi rakyat Indonesia bahwa Kota Surabaya dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara The Global Observance of The World Habitat Day tahun 2020. (Iliustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kota Surabaya di Jawa Timur terpilih menjadi tuan rumah perayaan Hari Habitat Dunia (HHD) yang diperingati oleh negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) setiap tahunnya pada Senin pertama bulan Oktober. Pada tahun ini peringatan puncak HHD diselenggarakan pada 5-6 Oktober 2020 dengan tema 'Housing For All: A Better Urban Future'.

Peringatan Puncak HHD 2020 merupakan kolaborasi antara UN-Habitat dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Pemerintah Kota Surabaya.

Baca Juga

 

Presiden Joko Widodo dalam sambutan virtual mengatakan sebuah kehormatan bagi rakyat Indonesia bahwa Kota Surabaya dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara The Global Observance of The World Habitat Day tahun 2020. "Tema yang diangkat sangat relevan dengan permasalahan yang dihadapi dunia saat ini. Rumah adalah kebutuhan dasar semua orang sekaligus benteng pertahanan pertama melawan berbagai risiko kesehatan termasuk Pandemi Covid-19," kata Presiden Jokowi.

Presiden menyampaikan, sejak 2015 pemerintah melaksanakan Program Sejuta Rumah, dengan target pembangunan yang berhasil dilampaui pada 2018. Pemerintah juga mengembangkan inovasi pembiayaan akses perumahan bagi masyarakat, salah satunya melalui pelaksanaan Undang-Undang Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Peningkatan kualitas kawasan kumuh pun dilakukan melalui Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menambahkan, pihaknya mendorong seluruh pemangku kepentingan untuk ikut berkontribusi dalam Peringatan Hari Habitat Dunia. Basuki menilai, momen ini merupakan kesempatan Indonesia untuk bisa merefleksikan fungsi tata perkotaan yang inklusif.

Pada Peringatan Puncak HHD 2020 dilaksanakan penyerahan penghargaan UN-Habitat Scroll of Honour Awards kepada lima delegasi pemenang baik secara langsung maupun virtual. Delegasi pemenang yang menerima penghargaan secara langsung di Kota Surabaya adalah ECOCASA dari Meksiko yang diterima oleh Jose David Alvarez Maldonado dan Kementerian Perumahan Kota Kolombia yang diterima oleh Duta Besar Kolombia untuk Indonesia Juan Camilo Valencia Gonzalez.

 

ECOCASA adalah program yang menangani standar konstruksi hemat energi untuk perumahan, memfasilitasi akses inklusif ke mekanisme keuangan dan menciptakan rumah yang layak.

Sementara Kementerian Perumahan Kota Kolombia mendapat penghargaan ini karena kepemimpinannya dalam pengembangan kebijakan perkotaan yang mempromosikan perumahan berkelanjutan dan kota-kota yang menempatkan perumahan sebagai pusatnya.

Tiga pemenang lainnya yang menerima penghargaan secara virtual adalah Upcycle Africa dari Uganda, Subang Jaya Municipal Council dari Malaysia dan Community Impact Nepal, Kathmandu dari Nepal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement