Sabtu 03 Oct 2020 17:04 WIB

Gugus Tugas: Waspadai Penyebaran Covid Klaster Keluarga

Klaster keluarga penyebarannya terbilang cepat.

Virus corona  (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Virus corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BABEL -- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimbau masyarakat di daerah itu untuk mewaspadai penyebaran virus Corona melalui klaster keluarga. Alasannya, penyebaran klaster keluarga terbilang cepat.

"Klaster keluarga ini paling diwaspadai dan penyebarannya cukup cepat," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Belitung Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Sabtu.

Baca Juga

Ia menjelaskan berdasarkan identifikasi kasus, penyebaran Covid-19 melalui klaster keluarga biasanya terjadi apabila ada satu anggota keluarga yang pernah melakukan riwayat perjalanan keluar daerah kemudian terinfeksi Covid-19. "Jadi ketika pulang kemudian tertular Covid-19 dan masuk di dalam keluarga," ujarnya.

Dengan demikian, potensi kontak dengan anggota keluarga lainnya serta kerabat baik di dalam rumah maupun di luar cukup tinggi. Sehingga memungkinkan terjadinya transmisi Covid-19 antarsatu dengan yang lain.

Ia juga mengkhawatirkan klaster keluarga kemudian akan berubah menjadi klaster perkantoran jika seandainya jadi satu pasien yang tertular melalui anggota keluarga di rumah kemudian berpindah ke lingkungan kerja. "Jadi efeknya seperti itu dari keluarga-keluarga kemudian bisa meluas ke lainnya bahkan bisa menyeluruh," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement