Jumat 02 Oct 2020 17:27 WIB

Pemkab Cilacap Siapkan Laboratorium Tes PCR

Laboratorium akan menggunakan salah satu ruangan di RSUD Cilacap.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Petugas mengecek spesimen tes usap PCR . ilustrasi
Foto: Prayogi/Republika
Petugas mengecek spesimen tes usap PCR . ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Kapasitas pemeriksaan tes PCR di Kabupaten Cilacap, dalam waktu dekat akan dapat ditingkatkan. Hal ini menyusul akan penyiapan laboratorium di RSUD Cilacap, khusus pemeriksaan PCR.

''Insya Allah, bulan ini laboratorium RSUD sudah bisa melayani pemeriksaan tes PCR,'' kata Kepala Dinas Kesehatan Cilacap, dr Pramesti Giriana Dewi, Jumat (2/10).

Baca Juga

Dia menyebutkan, pemeriksaan PCR terhadap sampel swab di Cilacap bisa dilakukan di laboratorium RS Pertamina Cilacap. Namun dia menyebutkan, mengingat kapasitas yang terbatas maka pemeriksaan sampel swab ada yang dikirimkan ke laboratorium FK UGM Yogyakarta dan laboratorium RSU Margono Soekarjo Purwokerto.

''Terbatasnya tempat pemeriksaan tes PCR ini, menyebabkan waktu tunggu hasil pemeriksaan menjadi cukup lama,'' ucap dia.

Rata-rata, membutuhkan waktu tunggu hingga sepekan hingga dua pekan. Hingga saat ini, Dinkes Cilacap telah melakukan saat tes swab sebanyak 13.441 kali pemeriksaan.

Namun dengan adanya tambahan laboratorium RSUD Cilacap, dia berharap waktu tunggu tes PCR ini bisa menjadi lebih singkat. ''Kunci mengatasi wabah Covid 19 ini, memang terletak pada kecepatan pemeriksaan. Makin cepat hasil pemeriksaan kita terima, tindakan medis maupun karantina pada pasien bisa menjadi lebih cepat sehingga tidak menyebar ke mana-mana,'' katanya.

Dia menyebutkan, peralatan untuk pemeriksaan tes swab, saat ini sudah ada. Namun pemasangan alat itu, masih menunggu proses persiapan bangunan laboratorium yang ada, siap digunakan.

"Nanti proses rehabnya selesai, baru kita pasang peralatannya,'' katanya.

Pramesti mengatakan, pengadaan laboratorium khusus PCR di RSUD Cilacap, sebenarnya tidak ada dalam rencana kegiatan APBD Murni Kabupaten Cilacap tahun 2020. Namun mengingat kebutuhan tes swab mutlak diperlukan untuk mengatasi pandemi, maka pembangunan laboratorium dicantumkan dalam APBD Perubahan 2020.

''Kebutuhan laboratorium ini merupakan fasilitas yang mendesak untuk diadakan. Karena itu, dalam refocusing anggaran yang dilakukan, Pemkab mengalihkan anggaran lainnya untuk kebutuhan pembangunan laboratorium di RSUD,'' katanya. 

Laboratorium swab ini, menurutnya, akan menggunakan salah satu ruangan di RSUD Cilacap, tepatnya di Gedung B lantai dua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement