Jumat 02 Oct 2020 12:55 WIB

TPU Rorotan Diperkirakan Mampu Tampung 6.000 Jenazah

TPU Rorotan akan jadi alternatif tempat pemakaman bagi jenazah pasien Covid-19.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Andi Nur Aminah
Pekerja dibantu alat berat menyiapkan lahan untuk Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan,  di Jakarta Utara.
Foto: Indrianto Eko Suwarso/ANTARA
Pekerja dibantu alat berat menyiapkan lahan untuk Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, di Jakarta Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, Jakarta Utara sebagai alternatif tempat pemakaman bagi jenazah pasien Covid-19 yang meninggal dunia. Ariza menyebut, nantinya diperkirakan sebanyak 6.000 jenazah dapat dimakamkan di tempat tersebut.

"Seiring dengan penambahan jumlah yang meninggal, ruang tempat pemakaman makin menipis dan kami sudah menyiapkan tempat lain sebagai alternatif. Di antaranya yang dalam proses penyiapan di (TPU) Rorotan. Di sana dimungkinkan bisa menampung 6.000 (jenazah pasien Covid-19)," kata Riza di Balaikota, Jakarta Pusat, Kamis (1/10).

Baca Juga

Selain itu, sambung dia, luas lahan yang disiapkan di TPU Rorotan sekitar dua hektare. Ariza pun memastikan, Pemprov DKI akan menyiapkan fasilitas terbaik di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

"Prinsipnya tidak perlu khawatir, tidak perlu takut. Pemprov DKI akan memberikan pelayanan fasilitas terbaik sesuai kemampuan kami dan juga atas dukungan pemerintah pusat," tutur Riza.

Adapun saat ini Pemprov DKI menggunakan lahan di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat; dan TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur sebagai tempat pemakaman jenazah pasien Covid-19 yang meninggal dunia. Ariza menambahkan, pihaknya akan mengecek bidang makam di TPU Pondok Ranggon yang dikabarkan tersisa sekitar 700 unit. "Ya nanti kita cek. Saya (soal) angka enggak tahu persis," imbuhnya

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement