Rabu 23 Sep 2020 13:22 WIB

Top 5 News: Jenderal Napoleon & Pencopotan Gatot Nurmantyo

Jenderal Gatot Nurmantyo mengaku dicopot karena memutar film G30S/PKI.

Mantan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat berkunjung ke kantor Republika, Jakarta.
Foto:

5. Negara Muslim Paling Bebas: Bosnia dan Herzegovina

WASHINGTON -- Sebuah organisasi nonpemerintah yang berbasis di Washington, The Cato Institute merilis daftar kebebasan di negara mayoritas Muslim. Bosnia dan Herzegovia menempati peringkat pertama.

Survei tersebut mencakup status kebebasan di 40 dari 51 negara mayoritas Muslim, berdasarkan Indeks Kebebasan Manusia 2019. Negara diberi peringkat menurut indikator kebebasan secara pribadi dan ekonomi dalam kaitannya dengan rata-rata dunia. Mustafa Akyol dari The Cato Institute menyarankan masyarakat secara khusus memperhatikan dunia Muslim karena tingkat kebebasannya sangat rendah.

“Kesenjangan antara negara-negara mayoritas Muslim yang paling bebas (Bosnia dan Herzegovina dan Albania) dan yang paling tidak bebas (Suriah dan Yaman) sebenarnya sangat besar, sementara negara-negara mayoritas Muslim lainnya terletak di antara keduanya,” kata Cato Institute dalam sebuah pernyataan dilansir di Sarajevo Times, Selasa (22/9).

Baca berita selengkapnya di sini

BONUS 6. Israel Pasang Lebih Banyak Pengeras Suara di Masjid Al Aqsa

RAMALLAH -- Ketegangan tengah berlangsung di Masjid Al-Aqsa, dengan penggerebekan setiap hari yang dilakukan oleh para pemukim, dan polisi Israel. Hal ini dijalankan sebagai upaya oleh otoritas Israel untuk membawa perubahan di masjid, dan merusak kedaulatan Jerusalem Islamic Waqf (Wakaf Islam Yerusalem).

photo
Masjidil Aqsa di Yerusalem. - (muhammad subarkah)

Dilansir dari laman Al-Monitor Selasa (22/9), Pada 6 September, polisi Israel menempatkan tangga di pintu masuk dan menara Gerbang Bab al-Asbat, dan memasang pengeras suara besar di dinding barat laut Masjid Al-Aqsa.

Alat tersebut ditempatkan di atap SMA Al-Aqsa yang berdekatan dengan menara Bab al-Asbat, dan di atap Pesantren Putri yang berdekatan dengan Gerbang Al- Silsila. Dua perangkat ditempatkan pada Bab al-Hadid.

Direktur hubungan masyarakat dan media di Jerusalem Islamic Waqf, Mohammed al-Ashhab mengatakan, mereka sebelumnya telah menolak permintaan polisi Israel untuk membuka pintu menara Bab al-Asbat untuk menyeberang ke atap dinding Masjid Al-Aqsa bagian utara, dan memasang pengeras suara. Setelah penolakan tersebut, polisi menggunakan tangga untuk mencapai atap dan secara paksa memasangnya.

Baca berita selengkapnya di sini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement