Jumat 11 Sep 2020 08:01 WIB

Sejumlah Pengendara Motor di Mampang Masih tak Pakai Masker

Alasan dari para pengendara motor tersebut tidak menggunakan masker bermacam-macam.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Andi Nur Aminah
Pemprov DKI Jakarta terus menggencarkan razia masker.
Foto: Havid Al Vizki/Republika TV
Pemprov DKI Jakarta terus menggencarkan razia masker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polres Metro Jakarta Selatan masih menemukan sejumlah warga yang beraktivitas di luar rumah tidak memakai masker. Hal itu terlihat saat kegiatan pembagian masker di kawasan Kemang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. “Memang masih ada yang belum pakai masker terutama yang menggunakan roda dua,” ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Budi Sartono, Kamis (10/9).

Alasan dari para pengendara motor tersebut tidak menggunakan masker bermacam-macam. Seperti yang dikatakan Budi, salah satunya adalah hanya pergi ke wilayah sekitar saja.

Baca Juga

Seperti yang dipantau Republika, seorang wanita yang mengendarai motor diberhentikan dan ditegur oleh petugas dari Polres Jakarta Selatan. Pengendara motor tersebut mengatakan hanya pergi ke daerah tempat tinggalnya yakni Jalan Bangka, sehingga dia tidak memakai masker. Bahkan, dia tidak memakai helm ketika mengendarai motornya.

Beberapa pengendara motor lain juga ada yang memutar balik kendaraannya begitu melihat pihak kepolisian berada di sisi jalan. Padahal, Budi mengatakan memakai masker adalah hal yang harus dipatuhi dalam 4M.

“Seperti yang dijelaskan oleh bapak Wakapolri, saat ini bukan lagi 3M melainkan 4M. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan,” ujarnya.

Tak hanya itu, sejumlah pengendara motor juga tampak tidak memakai maskernya dengan benar. Yakni hanya menutupi dagu, sehingga petugas meneriaki para pengendara tersebut untuk memperbaiki posisi maskernya. Sekaligus memberikan mereka masker.

Budi merincikan, jumlah masker yang dibagikan ke pengguna jalan dan pengunjung di salah satu restoran cepat saji di daerah Kemang adalah 500 masker. Sementara itu pihak Polres Jakarta Selatan juga telah menyebar 5.000 masker ke polsek-polsek di Jakarta Selatan. Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan instruksi presiden. “Masker kita bagikan kepada masyarakat karena memang pencanangan pemakaian masker sedang digalakkan kembali,” tutur Budi.

Dalam kesempatan tersebut, Polres Jakarta Selatan juga menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta Selatan yang turut menyumbang vitamin yang dibagikan bersama dengan 500 masker.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement