Jumat 11 Sep 2020 05:51 WIB

Alumni Prodi Teknologi Informasi UBSI Siap Hadapi Era  4.0

Era industri 4.0 mengedepankan IT.

Kehadiran alumni Prodi Teknologi Industri (TI) UBSI sangat diprlukan di era industri 4.0.
Foto: Dok UBSI
Kehadiran alumni Prodi Teknologi Industri (TI) UBSI sangat diprlukan di era industri 4.0.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dampak pandemi Covid-19 saat ini, menyadarkan dunia industri dan dunia pendidikan akan pentingnya menerapkan teknologi digital. Hal ini semakin meluruskan pemahaman revolusi industri 4.0 untuk meningkatkan produktivitas dan efesiensi pekerjaan manusia yang tergantikan oleh mesin, komputer maupun robot. 

Menanggapi hal itu, Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) melalui Program Studi (Prodi) Sarjana (S1) Teknologi Informasi berkomitmen untuk menciptakan lulusan yang dapat merancang sebuah infrastruktur IT baik dalam tata kelola sistem infrastruktur, metode, teknologi software, program, mobile  dan teknologi aplikasi. 

“Era industri 4.0 saat ini yang mengedepankan IT, menjadikan prodi Teknologi Informasi, prrogram S1, memiliki prospek lulusan yang dicari. Seperti IT Consultant, Network Engineer, Software Developer, IT Support Analyst, System Analyst dan lainnya, atau mengembangkan StarUp,” ujar Heru Supendar, Kaprodi Teknologi Informasi UBSI, Kamis,(10/9). 

Ia menjelaskan, dalam era industri 4.0 ada lima teknologi yang menjadi panutan dalam pengembangan industri digital. Yaitu,  Internet of Things (IoT), Big Data, Artificial Intelligence, Cloud Computing dan Additive Manufacturing. "Kelima teknologi tersebut akan selalu berkembang dan membutuhkan SDM yang memiliki kompetensi di bidang teknologi informasi," tambahnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Untuk meningkatkan lulusan yang berkompeten dan kredibilitas, prodi TI UBSI dalam bidang pendidikan, menjalin kerja sama dengan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), PT  Inovesia (Investing in Innovation), PT PreNexus (sertifikasi kompetensi), dan juga dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Informatika dan Komputer (Aptikom). 

“Sepanjang tahun ini, banyak prestasi yang telah ditorehkan oleh mahasiswa Prodi Teknologi Informasi, di antaranya Database Competition with SQL, Public Speaking Contest, Entrepreneur Business Plan Competition, UBSI Coding Competition dan Kompetisi Debat Mahasiswa,” jelasnya.

Hingga kini, UBSI masih membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Gelombang Khusus, pada tanggal 3-21 September 2020. UBSI saat ini mempunyai 3 Fakultas, yaitu FTI, FRB & FKB, yang didalamnya memiliki 44 Program Studi (Prodi).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement