Jumat 04 Sep 2020 14:09 WIB

Pindad Buat Stungta X, Alat Pemusnah Sampah

Stungta X Pindad salah satu bagian dari solusi inovatif penanganan sampah.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
PT Pindad, Stungta X Pindad, produk pemusnah sampah ramah lingkungan.
Foto: Humas Pindad
PT Pindad, Stungta X Pindad, produk pemusnah sampah ramah lingkungan.

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDUNG -- PT Pindad, Stungta X Pindad, produk pemusnah sampah ramah lingkungan. Launching alat tersebut, langsung dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Kamis petang, 3 September 2020 di Gedung Pakuan Bandung. 

Menurut Direktur Bisnis Produk Industrial PT Pindad, Heri Heriswan, Stungta X Pindad merupakan solusi dalam  penanganan masalah sampah dengan menggunakan teknologi smokeless incinerator,  mesin pembakar sampah yang mengadopsi teknologi ramah lingkungan dan hemat energi.

Heri Heriswan mengatakan, Stungta X Pindad merupakan solusi inovatif yang bermanfaat untuk lingkungan dan siap untuk memproduksi secara massal.

“Stungta X Pindad merupakan salah satu bagian dari solusi inovatif penanganan sampah yang ramah lingkungan. Kami mendukung penuh inovasi karya anak bangsa ini dan siap memproduksi bersama-sama secepatnya untuk membenahi lingkungan kita di berbagai daerah di tanah air,” ujar Heri Heriswan.

Kehadiran produk ini, kata dia, dapat meningkatkan kualitas lingkungan, pengembangan sosial  dan kesehatan terutama pada kondisi pandemik Covid-19 saat ini.

Heri juga mengapresiasi dukungan penuh Pemerintahan Provinsi Jawa Barat, Gubernur, Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung dan Bupati sehingga produk inovatif  yang diusung putra-putra daerah juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan lingkungan di dalam negeri.

Dengan hadirnya produk ini, kata dia, saatnya sampah dari tingkat hulu dipilah ekonomis dan non-ekonomis, organik dan an-organik untuk selanjutnya dimanfaatkan, lalu residu sampah dimusnahkan melalui mesin ini sehingga mengurangi beban pengiriman sampah bermasalah ke TPA.

Kerja sama Pindad dan Hejotekno sendiri telah diawali dengan penandatanganan MoU pada 26 Februari 2020 terkait kerja sama produksi bersama Stungta, penjualan produk, kegiatan sertifikasi dan kegiatan bisnis lainnya.

Ini Kelebihan Stungta X Pindad:

1. Ramah lingkungan : Incinerator ini tidak menghasilkan asap dan zat berbahaya lainnya karena sudah melalui pembakaran sempurna (double burner), filter dan treatment asap.

2. Hemat Energi : Stungta x Pindad Incirenator adalah teknologi tepat guna untuk minimasi masalah sampah dengan Sistem Tungku & Treatment Air sehingga sangat efisien dalam penggunaan bahan bakar.

3. System Continuous : Input sampah pada pembakaran dapat dilakukan secara terus menerus yang berbeda dengan incinerator lain yang menggunakan system buka tutup pintu ruang bakar yang mengharuskan burner dimatikan dan didinginkan ketika akan memasukan sampah baru.

4. Pembakaran Sempurna : Dengan suhu ruang 800-1200 °C dapat memusnahkan hampir seluruh jenis sampah kering dan basah diminimasi menjadi ± 5 persen dari volume awal sampah.

5. System Compact & Portable : Stungta Incinerator memiliki konsep kemudahan dalam aplikasi lapangan, karena memiliki desain yang kompak, ukuran kecil dan kemudahan mobilisasi dengan sumber listrik yang independent (genset)

6. Kemudahan Pengoperasian : Stungta x Pindad – smokeless Incinerator memiliki konsep kemudahan dalam mengoperasikan, yaitu dengan kelebihan pada desain ergonomis dan kemudahan operasional sehingga memudahkan operator dalam melakukan proses kerja. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement