Rabu 26 Aug 2020 21:49 WIB

Jubir: 35 Kasus Positif Covid-19 di DIY Sembuh

Total kasus Covid-19 yang telah sembuh mencapai 892 orang di DIY

Rep: Silvy Dian Setiawan / Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Petugas medis menunggu pasien saat Drive Thru  Rapid Test di Hilab,  Yogyakarta, Kamis (21/5). Metode ini  merupakan cara cepat untuk mendeteksi antibodi tubuh terhadap virus corona penyebab Covid-19
Foto: Wihdan Hidayat/ Republika
Petugas medis menunggu pasien saat Drive Thru Rapid Test di Hilab, Yogyakarta, Kamis (21/5). Metode ini merupakan cara cepat untuk mendeteksi antibodi tubuh terhadap virus corona penyebab Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Juru Bicara Penanganan Covid-19 untuk DIY, Berty Murtiningsih melaporkan adanya tambahan 35 kasus positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh pada 26 Agustus 2020. Jumlah tersebut menyumbang kasus sembuh menjadi 892 kasus di DIY.

Namun, total kasus positif di DIY hingga 26 Agustus ini sudah mencapai 1.264 kasus. Artinya, kesembuhan kasus positif di DIY sebesar 70,5 persen dari total seluruh kasus yang terkonfirmasi positif.

Berty menyebut, dari 35 kesembuhan kasus positif yang dilaporkan, tertinggi ada di Bantul yakni sebanyak 18 kasus. Sedangkan kasus sembuh lainnya tersebar di Kota Yogyakarta, Gunungkidul dan Sleman.

"Di Kota Yogyakarta ada sembilan kasus sembuh, di Gunungkidul sebanyak lima kasus sembuh dan tiga kasus sembuh lainnya merupakan warga Sleman," kata Berty, Rabu (26/8).

Sementara, total 1.264 kasus positif Covid-19 di DIY disumbang oleh adanya tambahan 16 kasus baru yang dilaporkan pada 26 Agustus ini. 16 kasus baru ini berasal dari delapan kasus di Bantul, empat kasus di Sleman, dua kasus di Kota Yogyakarta dan satu kasus masing-masing di Kulon Progo dan Gunungkidul.

"Empat kasus dari 16 kasus baru merupakan tenaga kesehatan yang diketahui positif Covid-19 dari screening yang dilakukan terhadap karyawan kesehatan. Empat tenaga kesehatan ini merupakan warga Bantul," ujar Berty

Didapatkannya tambahan 35 kasus yang dinyatakan sembuh dan 16 kasus baru positif, merupakan pemeriksaan terhadap 735 sampel. 735 sampel ini terdiri dari 582 orang yang menjalani tes swab/PCR.

Selain itu, Berty juga melaporkan adanya dua kasus positif yang meninggal dunia. Dua kasus meninggal ini merupakan kasus dengan nomor 1.262 dan kasus nomor 1.267 di DIY.

Masing-masing kasus positif yang meninggal dunia ini merupakan warga Bantul dan Kota Yogyakarta. Keduanya memiliki komorbid atau penyakit penyerta."Kasus nomor 1.262 ada komorbid hipertensi yang masuk rumah sakit tanggal 20 Agustus. Sedangkan kasus nomor 1.267 ada komorbid post stroke dan diabetes mellitus (DM) yang masuk rumah sakit tanggal 21 agustus. Sehingga, total kasus positif yang meninggal dunia di DIY sebanyak 36 kasus," jelas Berty.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement