Selasa 25 Aug 2020 14:46 WIB

Jokowi Serahkan Banpres Produktif Usaha Mikro untuk Aceh

Bantuan Rp 2,4 juta dari pemerintah ini disalurkan untuk membantu pelaku usaha mikro

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Jokowi ke Aceh
Foto: Twitter
Jokowi ke Aceh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan bantuan presiden (banpres) produktif usaha mikro kepada sekitar 200 pelaku usaha mikro di Kota Banda Aceh, Selasa (25/8). Jokowi mengatakan, bantuan sebesar Rp 2,4 juta dari pemerintah ini disalurkan untuk membantu para pelaku usaha mikro menjalankan usahanya di tengah pandemi Covid-19.

“Ini diberikan oleh pemerintah karena kita tahu kondisi saat ini memang kondisi yang sangat sulit, kondisi yang tidak mudah, kondisi yang tidak gampang dialami oleh baik yang mikro, yang kecil, yang menengah, yang gede, semuanya memang masih berada pada posisi yang sulit,” ujar Jokowi saat penyerahan bantuan.

Pandemi Covid-19 ini, kata dia, tak hanya berdampak pada para pelaku usaha kecil, namun juga pelaku usaha besar. Karena itu, Jokowi meminta agar para pelaku usaha tetap bekerja keras menjalankan usahanya meskipun omset terus menurun selama masa pandemi ini.

Jokowi melanjutkan, krisis ekonomi dan kesehatan ini tak hanya terjadi di Indonesia saja, namun juga di berbagai negara lainnya.

“Oleh sebab itu, hari ini kita berikan bantuan banpres produktif,” tambah dia.

Banpres produktif usaha mikro ini akan disalurkan secara bertahap kepada 12 juta pelaku usaha mikro dan kecil di seluruh daerah. Jokowi menargetkan, banpres ini akan disalurkan kepada 12 juta penerima hingga akhir September nanti.

“Kita harapkan dengan tambahan itu dagangannya bapak ibu jumlahnya menjadi lebih banyak. Kita harapkan omsetnya juga naik, mungkin belum pada posisi normal tetapi sudah bisa naik lagi,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, kondisi perekonomian akan kembali normal setelah pemerintah melakukan vaksinasi kepada seluruh masyarakat. Vaksinasi ini ditargetkan akan dilakukan pada Januari 2021.

Lebih lanjut, Presiden juga menilai, dampak pandemi Covid-19 di Provinsi Aceh tak separah di provinsi-provinsi lainnya, terutama di Pulau Jawa. Karena itu, dalam kesempatan ini, ia juga meminta Gubernur Provinsi Aceh agar terus melakukan pengendalian penyebaran Covid-19.

Jokowi pun mengingatkan masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19 dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan seperti mengenakan masker, jaga jarak, dan juga mencuci tangan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement