Selasa 25 Aug 2020 06:26 WIB

Masih Banyak Warga tak Disiplin, Polisi Bagi-bagi Masker

Masih banyak pengendara lalulalang tidak menggunakan masker.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Andi Nur Aminah
Aparat gabungan merazia warga yang tidak mengenakan masker (ilustrasi)
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Aparat gabungan merazia warga yang tidak mengenakan masker (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta mendukung upaya pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Purwakarta. Salah satunya dengan terus menyosialisasikan penggunaan masker sebagai alat pelindung diri.

Kepolisian Sektor (Polsek) Kiarapedes, Polres Purwakarta memberikan masker kepada pengguna jalan yang melintas di wilayah tersebut. Pasalnya terlihat satu per satu pengendara yang tidak menggunakan masker saat berkendara diberhentikan petugas.

Baca Juga

Kapolres Purwakarta AKBP Indra Setiawan melalui Kapolsek Kiarapedes, Iptu Jajang Sukandar mengatakan pembagian masker gratis tersebut merupakan implementasi dan dukungan dari Kapolres Purwakarta untuk mewujudkan program Purwakarta sehat dalam mencegah penularan virus corona khususnya di wilayah Kecamatan Kiarapedes.

"Sesuai arahan Pak Kapolres Purwakarta, kami akan terus melakukan sosialiasi kepada masyarakat pengguna jalan untuk mencegah penyebaran virus corona. Jadi kita tetap menggunakan masker, itu hal utamanya," kata Jajang dalam keterangan tertulisnya, Senin (24/8).

Ia mengatakan petugas langsung memberikan masker secara gratis kepada masyarakat yang tak disiplin menggunakan masker. Selain itu, petugas mengimbau agar para pengguna jalan selalu menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun dan tetap jaga jarak.

Selain pengendara, sambung dia, pembagian masker ini dilakukan di area publik yang menjadi tempat warga berkumpul dan berinteraksi di wilayah kecamatan Kiarapedes. Jajang mengatakan, kegiatan membagikan masker dan imbauan memakai masker untuk  mengingatkan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

“Masyarakat diharapkan tetap menggunakan masker karena pandemi virus corona masih terjadi di Kabupaten Purwakarta," ujarnya.

Tak hanya masyarakat, dia mengatakan, seluruh anggota Polsek Kiarapedes juga diingatkan dalam penggunaan masker dan penerapan protokol kesehatan. "Harapannya, para anggota kepolisian bisa menjadi contoh masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan dan dengan kegiatan ini ada upaya pencegahan penularan Covid-19 agar tidak bertambah banyak  serta mewujudkan Purwakarta menjadi zona hijau," harapnya.

Selain pembagian masker, Jajang menambahkan, pihaknya bersama anggota Polsek Kiarapedes belusukan ke setiap pelosok perkampungan di wilayah tersebut guna memberikan imbauan kepada masyarakat untuk senantiasa mentaati sekaligus mendukung aturan pemerintah terkait pencegahan penyebaran Covid-19.

Jajang berharap, upayanya tersebut dapat berdampak signifikan. Sehingga kesadaran warga terhadap penerapan pola hidup sehat lebih meningkat.  “Kami tak pernah henti-henti meminta masyarakat untuk tetap melakukan anjuran pemerintah dan menjalankan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas. Pasalnya, diperlukan peran semua pihak untuk secara bersama-sama melakukan upaya pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19," harapnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement