Jumat 21 Aug 2020 14:57 WIB

RW 01 dan 02 Kelurahan Galur Jadi Contoh Kampung Internet

Di dua RW tersebut, para pelajar kesulitan mengakses internet untuk belajar daring.

Rep: Eva Rianti/ Red: Bilal Ramadhan
Para siswa belajar online dengan menggunakan fasilitas internet gratis yang disediakan oleh para warga
Foto: Surya Dinata/RepublikaTV
Para siswa belajar online dengan menggunakan fasilitas internet gratis yang disediakan oleh para warga

REPUBLIKA.CO.ID, JAAKRTA -- Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi menyebutkan adanya percontohan kampung internet di kawasan Jakarta Pusat yang akan diresmikan dalam waktu dekat. Kampung tersebut adalah RW 01 dan RW 02 Kelurahan Galur, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat.

"Jakarta Pusat akan punya kampung percontohan, yaitu Kampung Internet," ujar Irwandi saat dihubungi, Jumat (21/8).

Dia menjelaskan, kampung internet tersebut menjadi langkah pemkot Jakarta Pusat guna memudahkan masyarakat untuk mendapatkan akses internet. Irwandi mengatakan, pemilihan kedua RW tersebut dilakukan secara langsung oleh Pemkot Jakpus.

"Untuk inisiasi kita pilih di RW 01 dan 02 kelurahan Galur di Johar Baru," ujar dia.

Dia menjelaskan, di kedua RW tersebut masih banyak warganya, khususnya para pelajar yang kesulitan mengakses internet untuk mengikuti kegiatan belajar secara online atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Oleh sebab itu, pihaknya memilih kedua RW itu menjadi percontohan kampung internet.

"Kebetulan itu di sana banyak anak-anak khususnya yang sekolah dan kesusahan internet, itu alasan pemilihan dua RW di Galur untuk dijadikan kampung internet percontohan di Jakarta Pusat," jelas Irwandi.

Kampung Internet, lanjut Irwandi, merupakan program yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memberikan akses internet yang merata bagi masyarakat Jakarta. Tidak hanya di Jakarta Pusat, nantinya Kampung Internet akan secara merata berada di wilayah-wilayah lainnya.

"Rencananya akan diresmikan Pak Gubernur dalam waktu dekat, sudah terjadwal," ujar Irwandi.

Sebelumnya, pada Rabu (19/8) Pemkot Jakarta Pusat beserta Polres Jakarta Pusat membagikan secara gratis 100 modem serta kuota internet tiga bulan untuk anak-anak dari keluarga kurang mampu di bawah Jembatan Payung Rel Kereta Api, Jalan Mangga Besar 13, Jakarta Pusat.

Pembagian ratusan modem tersebut dilakukan untuk membantu masyarakat kurang mampu yang anak-anaknya kesulitan mengakses kegiatan belajar secara daring di tengah pandemi ini. Ke depan, rencananya akan disediakan pula 100 handphone yang akan dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement