Kamis 20 Aug 2020 23:34 WIB

'Jadi Peserta Ibarat Jadi Pahlawan'

Peserta yang sehat akan membantu peserta lain yang sakit atau yang membutuhkan.

Alat bernama FAST bisa dimanfaatkan penderita Diabetes Tipe 2 untuk berpuasa (Foto: ilustrasi cek gula darah)
Foto: Needpix
Alat bernama FAST bisa dimanfaatkan penderita Diabetes Tipe 2 untuk berpuasa (Foto: ilustrasi cek gula darah)

REPUBLIKA.CO.ID, SINGARAJA -- Jaminan kesehatan merupakan salah satu hal penting yang wajib dimiliki oleh masyarakat. Bukan karena soal formalitas, namun, dengan memiliki jaminan kesehatan, masyarakat akan siap menghadapi kondisi bilamana jatuh sakit dan membutuhkan pelayanan kesehatan.

Apalagi dengan hadirnya program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, masyarakat dapat menjadikan program tersebut sebagai salah satu jaminan kesehatan mereka untuk menjamin seluruh pembiayaan apabila jatuh sakit.

I Wayan Suka Adnyana merupakan peserta JKN-KIS yang ditemui saat sedang menjalani rawat inap di salah satu rumah sakit swasta yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, kemarin. Dalam rilis pers BPJS Kesehatan yang dibagikan kemarin, Wayan mengakui sangat bersyukur menjadi peserta JKN-KIS.

Ia diharuskan menjalani rawat inap karena mengidap penyakit diabetes mellitus dan gangguan nutrisi. Saat ia disarankan oleh dokter untuk menjalani rawat inap, ia merasa khawatir dengan biaya pengobatan yang nantinya akan dikeluarkan.

“Beruntung saya sudah memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) ini dan saat itu saya memilih hak kelas perawatan sesuai hak kelas saya sehingga tidak ada biaya sepeserpun yang harus saya keluarkan,” kata dia.

Bagi Wayan, menjadi peserta JKN-KIS ibarat pahlawan bagi sesama. Iuran yang dibayarkan oleh peserta yang sehat akan membantu peserta lain yang sedang sakit atau yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Saat dirinya menjalani perawatan di rumah sakit, pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit juga sangat baik dan tidak ada pembedaan perlakuan yang dirasakan antara pasien JKN-KIS dengan pasien umum lainnya.

“Petugas medis di rumah sakit memberikan pelayanan yang sama antara pasien peserta JKN-KIS dengan pasien umum. Semua diperlakukan sama dan sama sekali tidak ada perbedaan. Ini membuktikan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS sudah baik,” kata dia memuji.

Membayar iuran dengan rutin dan menjaga pola hidup sehat merupakan salah satu tindakan yang sangat diharapkan kepada semua peserta JKN-KIS. Dengan rutin membayar iuran, dapat membantu peserta lain yang membutuhkan dan menjadi pahlawan untuk peserta lainnya.

Menjaga pola hidup bersih, mengonsumsi makanan yang sehat, juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit sehingga hal sangat penting untuk dilakukan. Akhir perbincangan, Wayan mengungkapan akan selalu rutin membayar iuran dan akan mengimbau seluruh keluarga dan masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS untuk segera mendaftarkan diri beserta keluarga. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement