Rabu 19 Aug 2020 05:01 WIB

Pasangan Calon Datangi Kantor KPU Minahasa Utara

Pendaftaran calon kepala daerah telah ditetapkan 4 September 2020.

Pilkada Serentak (Ilustrasi)
Foto: Antara/Rahmad
Pilkada Serentak (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, Joune Ganda dan Kevin W Lotulung (JG-KWL), memastikan kesiapannya maju dalam Pemilihan Kepala Daerah Minahasa Utara Tahun 2020. Keseriusan itu dibuktikan dengan menyambangi Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat, Selasa (18/8).

JG, sapaan akrab Joune Ganda, menyambangi kantor penyelenggara pilkada untuk berkonsultasi mengenai syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk maju sebagai calon kepala daerah. Sejauh ini, beberapa berkas persyaratan sudah dipersiapkan, namun JG menekankan ke Kantor KPUD untuk lebih memastikan syarat dimaksud. 

Dengan begitu, pada pendaftaran calon kepala daerah sebagaimana telah ditetapkan penyelenggara Pilkada, 4 September 2020, dirinya bersama Kevin W Lotulung sudah benar-benar siap. Konsultasi ini sekaligus membuktikan diri keseriusannya maju dalam Pilbup untuk mengabdikan diri bagi masyarakat Minahasa Utara.

Sejauh ini, pasangan JG - KWL aktif turun ke bawah untuk memastikan aspirasi masyarakat dalam lima tahun mendatang. Dalam Focus Group Discussion (FGD) yang dihelat Rumah Aspirasi JG - KWL Kolongan misalnya, JG mendengarkan sekaligus mendukung rencana para pegiat kolintang melakukan pendakian ke puncak Gunung Klabat untuk mengibarkan Bendera Merah Putih dan bendera Rumah Aspirasi JGKWL.

Pada FGD yang dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Utara Denny Lolong, ia menekankan pentingnya semangat untuk menjaga dan melestarikan Budaya Kolintang di Sulawesi Utara dan secara khusus di Minahasa Utara.

Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi Musik Kolintang di puncak Gunung Klabat pada 17 Agustus 2020 sendiri disebut-sebut pertama kali dilakukan. Selama prosesi pengibaran bendera dan menyanyikan lagu Indonesia Raya diiringi Musik Kolintang dari Sanggar Fantastic Prima Vista asal Lembean, Kecamatan Kauditan dan disupport Kerukunan Keluarga Kawanua dan Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN).

Apresiasi kepada pasangan JG-KWL secara khusus diberikan Tim Kolintang Fantastic Prima Vista sebagaimana disampaikan ketuanya, Stave Tuwaidan. Kata dia, kegiatan seperti ini sudah lama ingin dilaksanakan dan baru sekarang mendapatkan perhatian dari calon kepala daerah. Apalagi, kegiatan akbar tersebut akan didaftarkan ke Museum Rekor Indonesia (MURI).

"Untuk itu, Kerukunan Keluarga Kawanua bersama PINKAN Indonesia dan tentunya akan dikoordinasikan dengan Pemerintah Provinsi, ingin mendaftarkan kegiatan ini sebagai salah satu catatan rekor MURI," kata Joune.

"Ini contoh yang baik, apa yang mereka lakukan dapat membangkitkan semangat anak muda lainnya. Ini akan memberikan landasan awal, menjadikan kolintang aset dunia, dengan Sulut sebagai tempat asalnya," sambung Joune, Ketua Bidang Ekonomi KKK (K3) Kerukunan Keluarga Kawanua pusat dalam sambutan mewakili Ketum K3.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement