Kamis 13 Aug 2020 02:30 WIB

Gerakan SwabAndSaveIndonesia Bantu Sediakan PCR Gratis

Donasi akan disalurkan kepada Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Gita Amanda
Petugas melakukan tes PCR di GSI Lab.
Foto: Havid Al Vizki/Republika TV
Petugas melakukan tes PCR di GSI Lab.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Genomik Solidaritas Indonesia (GSI) Lab meluncurkan #SwabAndSaveIndonesia yaitu sebuah program untuk membantu masyarakat yang kesulitan mengakses tes Polymerase Chain Reaction (PCR). Program ini mengajak perusahaan dan individu untuk berkontribusi dalam donasi kemanusiaan yang akan dialokasikan untuk melakukan pengetesan PCR gratis kepada masyarakat yang membutuhkan.

Direktur Utama GSI Lab Nino Susanto mengatakan, program #SwabAndSaveIndonesia mengusung konsep dua untuk satu PCR. Artinya untuk setiap dua pengetesan PCR gratis yang didonasikan oleh perusahaan atau individu, GSI Lab akan memberikan kontribusi ke dalam program #SwabAndSaveIndonesia dengan menambah satu pengetesan PCR gratis tambahan.

Baca Juga

"Donasi akan disalurkan kepada Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan virus corona SARS-CoV2 (Covid-19) untuk memastikan pengetesan PCR gratis terdistribusi dengan baik," ujarnya dalam konferensi pers yang diadakan di GSI Lab di Jakarta Selatan, Rabu (12/8).

Ia menambahkan, GSI Lab dijalankan bukan sebagai perusahaan komersial, melainkan kewirausahaan sosial atau social enterprise yang akan menggunakan kembali pendapatan usaha untuk mencapai misi sosial pihaknya yaitu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia.

"Oleh karena itu kami berharap program #SwabAndSaveIndonesia dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk saling membantu dalam memberikan akses PCR tes sebagai salah satu usaha untuk mempercepat putusnya rantai penyebaran virus Covid-19 di Indonesia,”  katanya.

Untuk memperluas akses bantuan, GSI Lab bekerja sama dengan BenihBaik.com dan Shopee, untuk mengajak masyarakat bersama-sama mengulurkan tangan dalam mendukung program #SwabAndSaveIndonesia. Pendiri platform benihbaik.com Andy F Noya menambahkan, pihaknya menyambut baik inisiasi yang dilakukan melalui kampanye GSI Lab #SwabAndSaveIndonesia yang sejalan dengan misi kami di Benih Baik yaitu peduli akan isu kemanusiaan.

"Dalam kesempatan ini GSI Lab memberikan akses luas bagi masyarakat yang kesulitan untuk melakukan pengetesan PCR, berapapun kontribusi donasi yang diberikan masyarakat akan sangat membantu bagi masyarakat yang membutuhkan," ujarnya.

Ia menambahkan, bagi masyarakat yang ingin berkontribusi dapat dilakukan melalui link https://benihbaik.com/campaign/tes-pcr-gratis-untuk-masyarakat ataupun juga bisa dilakukan melalui platform Shopee.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement