Rabu 29 Jul 2020 19:18 WIB

MAJT Perketat Protokoler Kesehatan Pelaksanaan Sholat Id

Pemotongan hewan qurban di MAJT baru akan dilakukan pada Sabtu.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Dwi Murdaningsih
Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang terletak di jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (24/11).
Foto: Yasin Habibi/ Republika
Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang terletak di jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (24/11).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) akan menyelenggarakan sholat Idul Adha 1441 Hijriyah dengan menerapkan protokoler kesehatan pencegahan Covid-19 yang ketat bagi para jamaah. Langkah tersebut dilakukan guna melindungi para jamaah dari risiko penularan virus Covid-19.

Ketua Pelaksana Pengelola (PP) MAJT Noor Achmad mengatakan, dalam situasi potensi penyebaran pandemi yang masih tinggi, MAJT harus melindungi para jamaah yang akan melaksanakan sholat Idul Adha di MAJT.

Baca Juga

"Oleh karena itu, pengurus dan segenap panitia bakal menerapkan protokol kesehatan yang ketat guna mencegah dan menekan risiko penyebaran Covid-19 pada pelaksanaan sholat Idul Adha nanti," ungkapnya, Rabu (29/7).

Menurut Noor Achmad, ada sejumlah protokol yang harus dipatuhi oleh para jamaah, yang akan mengikuti pelaksanaan sholat Idul Adha, di MAJT pada Jumat (31/7) lusa.

Jamaah yang hadir harus sudah berwudlu dari rumah masing-masing. Jamaah membawa sajadah sendiri-sendiri serta diwajibkan untuk memakai masker.

Selain itu, pada saat jamaah tiba dan masuk ke kawasan plaza serta masuk ke dalam bangunan utama masjid akan discreening suhu tubunya terlebih dahulu, disemprot hand sanitizer dan akan diatur jaraknya oleh panitia.

"Bila ada jamaah yang mengabaikan dan tidak menaati ketentuan tersebut maka akan diminta pulang oleh petugas, untuk mengikuti sholat Idul Adha di tempat masjid lain," ucap dia.

Segenap pengurus serta panitia sholat Idul Adha MAJT mengingatkan, disiplin dan kepatuhan tersebut penting agar tidak muncul klaster baru Covid-19, di tengah kegiatan sholat Idul Adha di MAJT.

Terkait dengan pemotongan hewan qurban, ia menyampaikan panitia Idul Adha MAJT bakal melaksanakannya sehari setelah pelaksanaan sholat Idul Adha.

"Rencana pemotongan dan distribusi daging kurban akan dilaksanakan pada hari Sabtu (1/8) untuk dibagikan ke masyarakat sekitar dan penerima manfaat yang telah terdaftar di panitia Idul Adha MAJT," ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement